Polisi Gerebek Kantor Pinjol Sumber Rejeki Digital di Kalbar!

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 13:40 WIB
Kantor pinjol di Pontianak, Kalimantan Barat digerbek polisi
Kantor pinjol di Pontianak, Kalimantan Barat digerbek polisi. (Foto: dok. Polda Kalbar)
Pontianak -

Direktorat Reskrimum Polda Kalimantan Barat menggerebek kantor pinjaman online (pinjol) PT Sumber Rejeki Digital (SRD) yang bermarkas di Jl Veteran Gg Syukur 1, Pontianak. Di lokasi tersebut, polisi mengamankan 14 orang karyawan.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar Kombes Luthfie Sulistiawan mengatakan penggerebekan perusahaan pinjaman online ini menindaklanjuti keresahan masyarakat. Masyarakat merasa diancam keselamatannya karena ditagih terus-terusan oleh pinjol.

"Kami menerima laporan dari masyarakat adanya sebuah rumah yang diduga digunakan sebagai kantor pinjaman online yang mengancam keselamatan dan merugikan masyarakat," ujar Luthfie dalam keterangan kepada detikcom, Sabtu (16/10/2021).

Penggerebekan dilakukan pada Sabtu (16/10) pagi. Saat menggerebek, petugas mendapati 14 karyawan sedang melakukan aktivitasnya.

"Mereka sebagian besar bertugas menjadi operator sekaligus debt collector," ucap Luthfie.

Para karyawan pinjol itu kemudian digiring ke Mapolda Kalbar untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sejumlah barang bukti turut disita polisi, di antaranya 22 unit laptop, 18 unit handphone, 9 unit CPU komputer, 7 buah SIM card, 3 buah modem, dan dokumen-dokumen terkait pinjaman online tersebut.

"Para karyawannya kami bawa ke kantor untuk pemeriksaan lanjut, termasuk akan kami dalami pendananya," imbuhnya.

Luthfie menambahkan, kantor tersebut bertugas melakukan penagihan utang dari 14 aplikasi pinjol. Luthfie memastikan 14 pinjol itu ilegal.

"Berdasarkan pemeriksaan, perusahaan pinjaman online itu memiliki 14 aplikasi yang tidak terdaftar di OJK," katanya.

Lebih lanjut Luthfie mengimbau masyarakat tidak mudah tergiur oleh tawaran pinjol.

"Jangan mudah tergiur dengan tawaran fintech ini. Awalnya mereka menawarkan penawaran yang bagus, tapi kemudian menjerat nasabahnya," tegasnya.

Simak video 'Pengamat Kepolisian: Polri Perlu Bentuk Satgas Berantas Pinjol Ilegal':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/bar)