Pekan Literasi Digital di Mandalika Hadirkan Pelatihan UMKM-Fotografi

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 10:07 WIB
Pekan Literasi Digital
Foto: Kominfo

Sementara di kelas 'Gali Ilmu Fotografi', hadir narasumber Ambassador Literasi Digital Nicholas Saputra dan Freelance Photographer Lombok, Arman Ardiansyah. Adapun kelas ini bertujuan untuk berbagi pengalaman serta tips dan trik fotografi.

Nicholas menjelaskan foto dapat menjadi salah satu media untuk mempromosikan Lombok. Foto dikatakan Nicholas juga dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Lombok.

"Lombok adalah tempat wisata yang lengkap karena ada gunung, laut, dan hiburannya banyak. Dari Rinjani kita bisa melihat sisi yang sangat gersang, bisa melihat danau, dan turun melalui hutan hujan tropis. Lombok ini memiliki kekuatan dengan memiliki gunung dan juga pantai, ada influence dari Bali, Islam, dan lainnya sehingga Lombok memiliki banyak budaya. Dengan menggunakan foto, kita bisa mempromosikan Lombok ke khalayak luas. Dengan foto yang berbicara, foto tersebut lebih powerful dan akan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke Lombok," paparnya.

Di sisi lain, Arman menjelaskan terkait teknik pemotretan untuk menghasilkan foto yang lebih profesional. Ia mengatakan foto yang bagus dapat dihasilkan dengan metode rule of three.

"Dalam memfoto sebuah objek agar terlihat jepretan profesional, ada teknik yang bisa digunakan yaitu rule of three, di mana ada tiga garis vertikal dan tiga garis horizontal yang dijadikan acuan untuk menempatkan objek yang difoto. Dengan menempatkan objek di persimpangan titik-titik garis horizontal dan vertikal akan membuat objek tersebut lebih fokus," kata Arman.

Selain acara pelatihan, Pekan Literasi Digital di Mandalika juga menghadirkan Lomba Produksi Konten Inspiratif: Fotografi. Terkait seluruh rangkaian ini, Sekretaris Daerah Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya mewakili Bupati Lombok Tengah berharap kegiatan ini dapat membangun kesadaran dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kreatifitas masyarakat di Mandalika.

"Pemahaman literasi digital harus ditanamkan pada masyarakat agar dapat meningkatkan kapasitas SDM dalam bidang digital supaya dapat bersaing dalam dunia teknologi," pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini dibuka oleh Tenaga Ahli Menteri Kemkominfo Donny Budi Utoyo dan Sekretaris Daerah Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya mewakilkan Bupati Lombok Tengah. Berlangsung selama dua hari, kegiatan ini dilakukan secara hybrid di Novotel Lombok dan dihadiri oleh kurang lebih 500 peserta secara daring dan luring.

Kegiatan Pekan Literasi Digital juga merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan lain yang diadakan untuk menyongsong Literasi Digital Netizen Fair. Saat ini, Kemkominfo dan Siberkrasi juga menghadirkan berbagai kegiatan literasi digital yang menarik. Informasi terkait kegiatan tersebut dapat diakses melalui media sosial media @siberkreasi atau mengakses website event.literasidigital.id.


(fhs/ega)