Anggota DPR Apresiasi PON Papua Aman: Potensi Gangguan Terminimalisir

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 07:43 WIB
Wapres Maruf Amin tutup PON ke-XX Papua
Wapres Ma'ruf Amin tutup PON ke-XX Papua (Foto: dok. Setwapres)

Arsul mengatakan pihaknya mencatat bahwa pengamanan yang dilakukan di PON Papua tidak hanya mengedepankan pagelaran pasukan. Akan tetapi juga menjalin komunikasi dengan warga Papua.

"Komisi III mencatat bahwa konsep pengamanan yang dilakukan bukan dengan hanya mengedepankan pagelaran pasukan saja namun juga dengan membangun pendekatan serta komunikasi yang baik dengan unsur-unsur masyarakat Papua sehingga potensi gangguan keamanan lebih terminimalisir dan terkelola dengan lebih baik," sebutnya.

"Tidak adanya insiden-insiden yang mendapat sorotan media menunjukkan kolaborasi yang baik dengan berbagai elemen masyarakat Papua," lanjutnya.

PON Papua Resmi Ditutup Wapres

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin resmi menutup pergelaran PON XX, Papua, kemarin sore. Ia mengapresiasi pemerintah daerah dan warga Papua atas suksesnya PON XX.

Ma'ruf tampak mengenakan topi khas Papua. Ia mengenakan baju berwarna merah dan putih.

"Papua sa cinta ko," Ma'ruf Amin membuka pidatonya di Papua, Jumat (15/10).

"Malam hari ini atas nama Bapak Presiden dan saya sendiri selaku Wakil Presiden serta segenap jajaran pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON 20 yang sukses," sambungnya.


(lir/knv)