Ma'ruf Amin Puji PON Papua Sukses: 'Torang Bisa' Nyata dan Terbukti

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 17:59 WIB
Jayapura -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menutup pergelaran PON XX, Papua. Ia mengapresiasi pemerintah daerah dan warga Papua atas suksesnya PON XX.

Ma'ruf tampak mengenakan topi khas Papua. Ia mengenakan baju berwarna merah dan putih.

"Papua sa cinta ko," Ma'ruf Amin membuka pidatonya di Papua, Jumat (15/10/2021).

"Malam hari ini atas nama Bapak Presiden dan saya sendiri selaku Wakil Presiden serta segenap jajaran pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON 20 yang sukses," sambungnya.

Ma'ruf bangga atas tekad dan dedikasi pemda serta masyarakat Papua. "Sejarah akan mencatat bahwa Pon untuk pertama kalinya diselenggarakan di Bumi Cenderawasih, tanah Papua berlangsung dengan sukses," tegas Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, ada 3 poin yang menyebabkan pergelaran PON XX tidak mudah. Pertama adalah pembangunan infrastruktur yang masif dengan standar internasional.

"Kedua, lokasi penyelenggaraan atau venue tersebar dari Jayapura, Mimika, dan Merauke. Jarak antara satu dengan yang lainnya merupakan yang terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini," imbuh Ma'ruf.

Lalu yang ketiga adalah PON XX berlangsung selama pandemi. Hal ini membuat setiap aspek harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya tetapi ternyata warga Papua bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan torang bisa. Torang bisa bukan hanya semboyan, tapi nyata dan terbukti," imbuh Ma'ruf.

(isa/knv)