Polisi Selidiki Viral 'Bajing Loncat' Curi Besi dari Truk di Cakung

Firda Cynthia - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 19:47 WIB
Jakarta -

Viral sebuah video aksi bajing loncat yang menyambar barang di truk di Jalan Raya Bekasi, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Saat ini, polisi masih menyelidiki kasus tersebut.

Aksi bajing loncat itu tertangkap kamera netizen yang diambil dari dalam mobil. Mobil itu berposisi persis di belakang truk.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial tersebut, tampak dua pelaku menaiki bagian kargo dek truk yang sedang merayap di Jalan Raya Bekasi. Di tengah jalan yang tampak padat, mereka terlihat sibuk menjarah sejumlah batang besi muatan truk.

Dari rekaman video itu terlihat bahwa peristiwa tersebut terjadi pada siang hari. Meskipun begitu, kedua pelaku tampak leluasa mengambil batang besi dalam muatan truk. Tak terlihat sopir truk menyadari dan menghentikan aksi pencurian itu.

Kapolsek Cakung Kompol Satria Darma mengatakan pihaknya turun menyelidiki kasus tersebut.

"Langsung kita turun dari Unit Reskrim," kata Kapolsek Cakung Kompol Satria Darma saat dihubungi wartawan pada Jumat (15/10/2021).

Satria membenarkan aksi bajing loncat dalam video tersebut terjadi di wilayahnya. Namun, ia masih belum dapat memastikan waktu kejadian lantaran pihaknya belum menerima laporan dari korban.

"Iya, untuk laporan dari korban belum ada tapi saya sudah lihat beberapa orang mengambil besi scrap itu. Kami belum tahu persis (waktu kejadian) karena korban belum bikin laporan," kata Satria.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah menindaklanjuti aksi bajing loncat yang sudah berulang terjadi. Catatannya, aksi bajing loncat pernah terjadi pada November 2020 dan Mei 2021.

"Memang sebelumnya itu pernah terjadi," ujarnya.

"Kejadian yang lalu sudah lama. Sekitar lima bulan yang lalu. Dan kalau nggak salah terjadi juga di 2020," sambungnya.

Satria berujar, polisi sedang menelusuri soal adanya keterkaitan antara aksi bajing loncat viral yang terjadi saat ini dengan aksi yang viral baru-baru ini. Sebab, kata dia, aksi-aksi bajing loncat tersebut terjadi di tempat dan waktu yang serupa.

"Jadi kita mau cek apakah ada keterkaitan dengan peristiwa yang lalu. Dari modus operandinya kita lihat juga sama itu tempatnya dan jamnya," tambah dia.

Sebelumnya, sejumlah pelaku sudah pernah diringkus jajaran Unit Reskrim Polsek Cakung. Namun, kasus bajing loncat yang kerap terjadi di bilangan Jalan Raya Bekasi masih meresahkan.

(mea/mea)