2.900 Personel TNI-Polri Amankan Penutupan PON XX Papua

Wilpret Siagian - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 17:24 WIB
Situasi di Sekitar Lokasi Acara Penutupan PON Papua
Situasi di Sekitar Lokasi Acara Penutupan PON Papua (Wilpret/detikcom)
Jakarta -

Closing ceremony PON XX Papua digelar hari ini. Sebanyak 2.900 personel gabungan TNI-Polri dan Satpol PP diterjunkan untuk mengamankan kegiatan tersebut.

"Ribuan personel keamanan telah disiapkan untuk mengawal upacara penutupan tersebut. Personel akan disebar ke berbagai titik lokasi acara penutupan PON XX Papua," ujar Kasatgas Humas Ops Deraku Cartenz Kombes Dedy Sumarsono, kepada wartawan di kompleks Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

PON XX Papua ini akan ditutup langsung oleh Wapres Ma'ruf Amin. Acara penutupan PON XX Papua digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Pola pengamanan dilaksanakan tidak jauh berbeda dengan pengamanan waktu pembukaan. Pengunjung yang memiliki undangan yang sudah disertifikasi bisa masuk ke stadion dan menunjukkan bukti vaksin satu dan dua.

"Ada 3 bagian yang bisa masuk ke stadion mengikuti acara ceremony closing, yakni undangan yang disertifikasi, undangan VIP, dan undangan VVIP," ujar Dedy.

Arus lalu lintas di sekitar stadion juga dialihkan. Kendaraan tidak bisa melintas depan Stadion Lukas Enembe dan dialihkan melalui jalan pesisir Danau Sentani.

"Ada tiga titik pengamanan yang sudah disiapkan. Pertama di dalam stadion untuk pengamanan para penonton dan tamu undangan. Titik kedua berada di luar stadion dan titik ketiga berada di area parkir," jelas Dedy Sumarsono.

(knv/knv)