ADVERTISEMENT

Siapa di Balik Arief Zainurrohman Produsen Hoax di YouTube Aktual TV?

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 16:38 WIB
Jakarta -

Direktur TV swasta lokal di Jawa Timur, Arief Zainurrohman dkk, ditangkap polisi terkait unggahan hoax dan SARA di akun YouTube pribadinya, 'Aktual TV'. Polisi kini menyelidiki dugaan adanya pihak lain yang menyuruh Arief dan tim membuat konten provokatif.

"Kami masih mendalami lagi apa ada layer di atasnya. Apakah ada yang menyuruh menyebar konten ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/10/2021).

Arief ditangkap oleh jajaran Polres Metro Jakarta Pusat di daerah Jawa Timur pada Agustus 2021. Kasus ini bermula saat polisi melakukan patroli siber di dunia maya dan menemukan konten provokatif di akun YouTube tersebut.

Dari pemeriksaan diketahui ada 765 video di akun itu selama 8 bulan terakhir. Mayoritas konten di video akun Aktual TV memuat isu provokatif, berbau SARA, dan disebut bisa mengganggu sinergi TNI-Polri.

Peran Arief dkk

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan, selain Arief, ada dua pelaku lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka dari kasus tersebut. Kedua tersangka itu adalah M dan AF, yang berperan membantu mengelola akun hingga pengisi suara di konten provokatif tersebut.

Hengki menambahkan, meski dari pemeriksaan sementara pelaku menyebut motif tindakannya murni kepentingan ekonomi, pihaknya masih mengusut pihak-pihak lain yang diduga terlibat dalam perkara tersebut.

"Kami jelaskan ini apakah ada motivasi lain sedang kami selidiki karena ini modus baru yang memprihatinkan. Yang jelas diakui mereka tidak benar," terang Hengki.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT