Pencetus Barisan Celeng Penuhi Panggilan PDIP di Jakarta

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 14:27 WIB
Jakarta -

Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo tiba di DPP PDIP, Jakarta Pusat. Pencetus Barisan Celeng Berjuang datang memenuhi panggilan.

Pantauan detikcom di kantor DPP PDIP, Jumat (15/10/2021), Sumbogo tiba pukul 14.15 WIB. Sumbogo terlihat mengenakan kemeja lengan pendek berwarna merah.

Pemanggilan Sumbogo ini terkait dengan deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024. Sumbogo merupakan Ketua DPC Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo.

Sumbogo mengaku akan menghadap ke dua petinggi DPP PDIP, salah satunya Sekjen Hasto Kristiyanto. Dia mengaku akan memberikan klarifikasi.

"Pak Komarudin Watubun (Ketua Bidang Kehormatan Partai) dengan Pak Hasto," kata Sumbogo di lokasi.

"Iya untuk klarifikasi terkait gerakan saya untuk mendukung Pak Ganjar," imbuhnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut perihal pemanggilan Sumbogo akan dijelaskan oleh Ketua Bidang Kehormatan Partai DPP PDIP Komaruddin Watubun.

"Nanti Pak Komar ya yang akan memberikan keterangan," ucap Hasto saat ditemui di kantor DPP PDIP sebelum Sumbogo tiba.

Sebelumnya, DPP PDIP menyatakan bakal memberi sanksi kepada pengurus yang mendeklarasikan capres atau cawapres sebelum ada keputusan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. DPP PDIP tidak akan pandang bulu mau itu pendukung Puan Maharani ataupun Ganjar Pranowo.

"Kalau kita yang menyampaikan, ini (sanksi) berlaku untuk seluruh kader. Jadi kader-kader itu, karena mereka ini ditugaskan partai memimpin struktur, maka mereka harus mengerti aturan-aturan yang berlaku di partai. Ini bukan kecuali, semua kader-kader partai yang terikat, terlibat dalam kongres harus tahu itu," kata Ketua bidang Kehormatan Partai DPP PDIP Komarudin Watubun kepada wartawan, Jumat (15/10).

(zak/gbr)