17 Oktober Hari Apa? Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 06:51 WIB
Imradul Ali, 10, center, takes his school bag from his mother Anuwara Beghum, 30, as he leaves for school from his rented kitchen cum bedroom on the outskirts of Gauhati, India, Friday, Feb. 5, 2021. Once school is done for the day, Ali, rushes home to change out of his uniform so that he can start his job as a scavenger in India’s remote northeast. Coming from a family of scavengers or “rag pickers,
17 Oktober Hari Apa? Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional -- potret kemiskinan di India (Foto: AP/Anupam Nath)
Jakarta -

17 Oktober hari apa jadi pertanyaan banyak orang. Tak banyak yang tahu, setiap tahunnya seluruh dunia memperingati Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional atau International Day for the Eradication of Poverty.

Melansir dari laman resmi BPS, kemiskinan diartikan sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran. Dengan kata lain, penduduk yang masuk kategori miskin adalah mereka yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita setiap bulannya di bawah garis kemiskinan.

Lalu 17 Oktober hari apa? sejak kapan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional diperingati? bagaimana sejarahnya? apa tema yang diangkat tahun ini? simak ulasannya berikut ini.

17 Oktober Hari Apa: Sejarah

Untuk mengetahui 17 Oktober hari apa, mari kembali menelusuri yang terjadi pada 17 Oktober 1987. Melansir dari situs resmi PBB, saat itu, lebih dari seratus ribu orang berkumpul di Trocadéro, Paris untuk menghadiri Deklarasi Universal Hal Asasi Manusia, yang ditandatangani pada 1948. Deklarasi ini bertujuan untuk menghormati korban kemiskinan, kekerasan dan kelaparan.

Mereka yang berkumpul menyatakan kemiskinan merupakan pelanggaran hak asasi manusia dan menegaskan kebutuhan untuk bersama-sama memastikan bahwa hak-hak ini dihormati.

Sebagai bentuk diwujudkannya deklarasi, sebuah batu peringatan diresmikan. Sejak saat itulah, orang-orang dari latar belakang sosial berbeda berkumpul setiap tahun pada tanggal 17 Oktober untuk memperbaharui komitmen mereka dan menunjukkan solidaritas mereka kepada masyarakat miskin.

Di sejumlah tempat di seluruh dunia dibangun pula replika batu peringatan 17 Oktober. Salah satunya adalah yang berada di taman Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa dan merupakan situs peringatan tahunan yang diselenggarakan oleh Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York. Batu peringatan ini dijadikan lokasi berkumpulnya setiap orang di untuk menekankan perhatian mereka pada kemiskinan.

17 Oktober Hari Apa: Hari Internasional yang Diresmikan PBB

17 Oktober hari apa sebenarnya terjawab dengan diresmikan sebagai Hari Peringatan Internasional oleh PBB. Dalam resolusi 47/196 yang diadopsi pada tanggal 22 Desember 1992, Majelis Umum mendeklarasikan 17 Oktober sebagai Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional dan mengajak seluruh negara untuk menyajikan dan mempromosikan kegiatan-kegiatan nyata untuk mengentaskan kemiskinan dan kemelaratan.

Dalam resolusi tersebut, PBB mengundang organisasi antar pemerintah dan non-pemerintah untuk membantu negara mengatur peringatan Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional.

"Tanggal 17 Oktober memberikan kesempatan untuk mengakui upaya dan perjuangan orang-orang yang hidup dalam kemiskinan, kesempatan bagi mereka untuk membuat keprihatinan mereka didengar, dan momen untuk mengakui bahwa orang miskin adalah orang pertama yang berjuang melawan kemiskinan," demikian tulis PBB di situs resminya.

Baca selengkapnya soal Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional di halaman berikutnya.