Satpol PP dan Dishub Gelar Operasi Ranjau Paku di Pulogadung Jaktim

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 13:12 WIB
Satpol PP dan Dishub Gelar Operasi Ranjau Paku di Pulogadung Jaktim
Temuan ranjau paku saat operasi Satpol PP dan Dishub (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom)
Jakarta -

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kecamatan Pulogadung kembali menggelar operasi ranjau paku di wilayah Kecamatan Pulogadung. Penertiban ranjau paku itu dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan ranjau paku di Jakarta.

"Pada hari ini, Jumat, kami Satpol PP Kecamatan Pulogadung bergabung dengan rekan di samping Dishub Kecamatan Pulogadung beserta rekan-rekan yang lain melaksanakan kegiatan pembersihan ranjau paku sepanjang Jalan Raya Bekasi, Jalan Perintis Kemerdekaan,dan Jl Kayu Putih Raya," kata Kasatpol PP Kelurahan Pulogadung DS Heryanto kepada wartawan saat tengah melakukan operasi ranjau paku, Jumat (15/10/2021).

Ia mengatakan operasi ranjau paku dilakukan lantaran munculnya keresahan dari warga yang sering menjadi korban ranjau paku di jalan-jalan protokol di wilayah Kecamatan Pulogadung.

"Kegiatan ini dalam rangka antisipasi maraknya keluhan masyarakat perihal ranjau-ranjau paku yang ada di wilayah DKI Jakarta, maka kami Satpol PP Pulogadung berantisipasi untuk membersihkan jalur-jalur protokol yang ada di Kecamatan Pulogadung," jelas DS Heryanto.

Satpol PP dan Dishub Gelar Operasi Ranjau Paku di Pulogadung JaktimSatpol PP dan Dishub Gelar Operasi Ranjau Paku di Pulogadung Jaktim (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom)

Ia menyampaikan, hasil razia ranjau paku pada hari ini menurun drastis dibanding hari pertama operasi pada Kamis (14/10/2021) kemarin. Pada hari ini, kata dia, berat paku yang dirazia tak sampai seberat seperempat kilogram.

"Untuk hasilnya, sudah menurun dibandingkan kemarin. Kemarin kita hampir setengah kilogram untuk paku, kawat, dan sejenisnya. Kalau hari ini, hasil kita sudah menurun drastis. Seperempat kilogram juga gak ada," ujarnya.

Operasi ranjau paku ini menindaklanjuti Instruksi Kasatpol PP DKI Jakarta Nomor 215 Tahun 2021 tentang Pengawasan Pembersihan Ranjau Paku. Menurut Heryanto, kegiatan penertiban ranjau paku akan dilaksanakan secara intensif hingga akhir Oktober 2021.

"Untuk kegiatan, kita rencananya dalam satu bulan ini full kita akan melakukan razia atau penertiban ranjau paku ini," lanjutnya.

Pantauan detikcom pada Jumat (15/10/2021), Satpol PP Kecamatan Pulogadung dan Dinas Perhubungan (Dishub) memulai kegiatan operasi ranjau paku pada pukul 10.20 WIB. Mereka bergerak dari Kantor Kecamatan Pulogadung menggunakan kendaraan dinas operasional (KDO).

Tampak belasan personil dari Satpol PP dan Dishub dikerahkan dalam operasi ranjau paku tersebut. Dari Kantor Kecamatan Pulogadung, mereka bergerak ke Jalan Raya Bekasi, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Kayu Putih Raya, Jalan Balap Sepeda, kemudian Jalan Pemuda.

(yld/yld)