Haji Lulung Bakal Polisikan Anggota Ormas Bekasi soal 'Orang Betawi Bodoh'

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 12:08 WIB
Jakarta -

Video oknum organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kota Bekasi menginterogasi seorang pemuda dan menghina suku Betawi, viral di media sosial. Abraham Lunggana alias Haji Lulung yang merupakan Ketua Badan Musyawarah Masyarakat (Bamus) Betawai akan melaporkan oknum ormas tersebut.

"Kejadian dugaan tindak pidana menujukan rasa benci kepada etnis dan suku Betawi yang dilakukan oleh oknum ormas di Bekasi yang viral di media sosial, maka Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (BAMUS BETAWI) melalui Persatuan Advokat Betawu (PADI) akan melakukan pelaporan ke Polda Metro Jaya Pada," demikian keterangan tertulis dari Lulung dan pengacaranya, Ramdan Alamsyah, keapda wartawan, Jumat (15/10/2021).

Rencananya, Lulung melapor ke Polda Metro Jaya siang ini. Haji Lulung meminta agar polisi menindaklanjutinya.

"Hal ini dilakukan demi penegakan hukum dan menjaga stabilitas keamanan serta ketentraman berbangsa dan bernegara," imbuhnya.

Viral di Medsos

Video oknum ormas di Bekasi itu viral di media sosial, terjadi di Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Peristiwa disebut terjadi pada Rabu (13/10) malam.

Dari video yang beredar, terlihat pelaku ini menegur seorang pemuda. Dari omongan itu, terdengar persoalan itu berawal dari masalah lapak proyek.

"Bilang, lu main-main di proyek ini gua bacok. Kasih tahu Gondo, dari gua Venus," ujar pria itu.

Pria itu kemudian melontarkan kata-kata yang menghina suku Betawi.

"Lu bawa orang-orang Betawi semua ke sini, orang Betawi itu bodoh, kata gua," ujar pria tersebut.

(mea/fjp)