Dualisme Sekda Papua Berakhir, Gubernur Lantik Ridwan Jadi Pejabat Definitif

Wilpret Siagian - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 10:12 WIB
Pelantikan Sekda Papua. (dok. Istimewa)
Pelantikan Sekda Papua (Dok. Istimewa)
Jayapura -

Polemik dualisme jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Papua akhirnya berakhir setelah Gubernur Papua Lukas Enembe melantik Muhammad Ridwan Rumasukun menjadi pejabat Sekda Papua definitif.

Lukas melantik Ridwan sebagai Sekda Papua definitif di Gedung Negara Dok V, Jayapura, Kamis (14/10/2021). Pelantikan itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI No 149/TPA Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Provinsi Papua yang diteken pada 11 Oktober 2021.

"Mutual trust (tingkat saling percaya) antara Gubernur dan Sekretaris Daerah sangat penting untuk dijaga demi berlangsungnya pemerintahan yang harmonis dan solid," kata Lukas setelah melantik Lukman.

Untuk diketahui, jabatan Sekda Papua selama beberapa bulan belakangan sempat mengalami dualisme, yakni jabatan itu sama-sama diduduki oleh Dance Yulian Flassi dan M Ridwan Rumasukun.

Lukas berharap Ridwan sebagai Sekda Papua dapat menambah akselerasi roda pemerintahan Provinsi Papua agar berjalan makin cepat dan akurat.

Dia juga berterima kasih kepada Dance Yulian Flassy yang telah memberikan sumbangsih kepada Provinsi Papua selama menjabat Sekretaris Daerah.

Enembe dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atas kebijaksanaannya dalam menerbitkan pengangkatan Sekretaris Daerah yang baru di Provinsi Papua.

Gubernur menambahkan, komunikasinya dengan Presiden terjalin sangat baik dan membangun satu sama lain.

Lukas berpesan kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Papua untuk saling mendukung dan menguatkan demi terselenggaranya good governance.

Lukas juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat Papua yang dalam beberapa tahun terakhir melihat dinamika pemerintahan Provinsi Papua.

Lihat juga video 'Viral Video Pejabat Papua Sebut Papua Tanah Kedua Israel':

[Gambas:Video 20detik]

(nvl/nvl)