Panglima TNI: Tren COVID Turun, Tetap Wajib Masker dan Vaksin Lengkap

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 18:47 WIB
Panglima TNI tinjau vaksinasi di RSNU Mangir, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/10/2021).
Panglima TNI tinjau vaksinasi di RSNU Mangir, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/10/2021). (Dok. Puspen TNI)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pemakaian masker masih diwajibkan, meski saat ini tren kasus positif COVID-19 menurun. Hadi lalu mengimbau warga agar segera menuntaskan vaksin dosis lengkap.

"Masker bisa melindungi kita dari terpaparnya COVID-19, sehingga tren kasus sudah turun namun kita diwajibkan untuk terus menggunakan masker," kata Hadi saat meninjau vaksinasi di Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Mangir, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (14/10/2021).

Bersama Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, Hadi juga sempat menyapa sejumlah kepala puskesmas melalui teleconference. Untuk diketahui, ada 17 ribu dosis vaksin yang ditargetkan untuk disuntikkan kepada warga di 45 titik fasilitas kesehatan di Banyuwangi dan RSNU Mangir jadi salah satunya.

"Selanjutnya strategi secara demografi masyarakat di wilayah Bapak, apakah jemput bola ataukah dilaksanakan di gerai-gerai vaksin yang ada di suatu tempat seperti stadion dan sebagainya?" tanya Hadi kepada salah satu kepala puskesmas.

Kepala puskesmas itu lalu menjelaskan soal strategi jemput boleh diterapkan berdasarkan kondisi si calon penerima vaksin. "Kita menyesuaikan kalau kasusnya jemput bola. Hari ini kita misalnya jemput bola di Dusun Jalen Darungan dan Dusun Jenisari," ujarnya.

Hadi mengapresiasi kerja para kepala puskesmas. Dia mengingatkan pentingnya sinergi antara pemerintah, dinas kesehatan masing-masing daerah dan TNI-Polri.

"Saya yakin dengan semangat kebersamaan target yang akan kita capai pasti akan sesuai harapan," ucap Hadi.

Meski bersyukur kasus COVID-19 di Tanah Air melandai, Hadi mengingatkan agar protokol kesehatan tetap diterapkan secara disiplin. "Bersyukur tapi waspada. Waspadanya apa sesuai dengan apa yang selalu disampaikan oleh Bapak Presiden, kita harus selalu melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker," sambung dia.

Setelah meninjau serbuan vaksinasi, Hadi, Sigit, dan Yudo memberikan bantuan sosial kepada warga masyarakat Banyuwangi yang terdampak pandemi COVID-19.

(aud/hri)