Warga Sumut Teriak BBM Langka, Pertamina Pastikan Stok Aman

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 17:20 WIB
SPBU di Tanjung Morawa kehabisan stok BBM (dok. Istimewa)
SPBU di Tanjung Morawa kehabisan stok BBM (dok. Istimewa)
Medan -

Warga sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) mengeluh kesulitan mendapat bahan bakar minyak (BBM) di SPBU. Pertamina kemudian buka suara.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan stok BBM di wilayah Sumatera Utara (Sumut) dalam kondisi aman. Pihaknya pun telah menyalurkan BBM ke setiap SPBU.

"Stok BBM aman di Sumut, kapal tanker sudah merapat, dan kita sudah menyalurkan BBM ke setiap SPBU," kata Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut, Taufikurachman, Kamis (14/10/2021).

Taufik menjelaskan kapal tanker tersebut bermuatan 15.900 kiloliter (kl). Dengan jumlah tersebut, diperkirakan stok BBM aman untuk beberapa hari ke depan di Sumut.

Selain itu, Taufik menyebut, selama level PPKM menurun, aktivitas masyarakat mulai meningkat. Pertamina Patra Niaga siap memberikan tambahan pasokan BBM untuk daerah-daerah yang mengalami peningkatan konsumsi, misalnya di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

"Dengan menurunnya level PPKM, aktivitas masyarakat mulai meningkat dan seiring dengan itu telah terjadi kenaikan konsumsi BBM," sebut Taufik.

Taufik mengimbau masyarakat membeli BBM sesuai kebutuhan dan tidak perlu membeli BBM berlebihan.

Sebelumnya, warga sejumlah wilayah di Sumut mengeluh kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) di SPBU.

Pantauan detikcom di Medan, Kamis (14/10), tampak sejumlah SPBU memasang tanda kehabisan stok BBM. SPBU itu memasang tanda kehabisan stok BBM jenis solar.

SPBU yang kehabisan stok BBM itu terletak di Jalan SM Raja dan Jalan Katamso. Kelangkaan BBM ini juga banyak dikeluhkan warga lewat media sosial.

Selain di Medan, BBM sulit didapatkan di Deli Serdang. Salah satu warga Deli Serdang, Andi, mengatakan dirinya sudah beberapa hari kesulitan mendapatkan BBM di SPBU.

Simak video 'Pertamax Turbo Turun, Ini Harga BBM Pertamina Terbaru':

[Gambas:Video 20detik]