Momen Ma'ruf Sapa Pedagang-Beri Uang Segepok di Pinggir Jalan Papua Barat

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 15:22 WIB
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Manokwari, Papua Barat. Di sela-sela kunjungannya itu, Ma'ruf Amin menyapa pedagang di pinggir jalan yang berjualan pinang dan buah-buahan.

Berdasarkan video dari Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Kamis (14/10/2021), Ma'ruf beserta rombongan tampak berhenti di pinggir jalan. Di sepanjang Jalan Kompleks Perkantoran Provinsi Papua Barat itu, tampak pondok pedagang yang berjualan pinang dan buah-buahan.

Ma'ruf kemudian berjalan ke salah satu pedagang. Dia lalu berbicara dengan pedagang wanita yang menggunakan baju hijau.

Pedagang itu kemudian menyampaikan aspirasi kepada Ma'ruf Amin. Dia meminta agar dibuatkan bangunan yang layak agar nyaman dalam berjualan.

"Aspirasi kami untuk Bapak Wakil Presiden, hormat kami dan kami semua mama-mama pondok jualan yang ada di area perkantoran, permintaan yang mau kami sampaikan untuk Bapak Wakil sekaligus kepada Bapak Gubernur," kata salah pedagang wanita bernama Popi Masoka dari balik pondok dagangannya kepada Ma'ruf Amin.

"Sekiranya Bapak ada kebijakan untuk kami, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dan kabupaten untuk membangun kami pondok jualan, tidak elite, tidak permanen, yang kami minta yang penting kami bisa duduk selaknya kami sebagai mama-mama jualan," lanjutnya.

Ma'ruf mendengarkan aspirasi yang disampaikan Popi itu. Ma'ruf kemudian berjalan mendekat ke barang dagangan Popi. Pedagang wanita itu pun memberikan penjelasan mengenai barang dagangannya kepada Ma'ruf.

"Ini alpukat mentega, Bapak," ujar Popi kepada Ma'ruf.

Setelah mendengar penjelasan dan aspirasi dari pedagang perempuan itu, Ma'ruf pun memberikan segepok uang Rp 100 ribuan. Uang itu sebagai bantuan untuk para pedagang yang berjualan di lokasi.

"Ini Mama, ini Mama, bagi-bagi ya," kata Ma'ruf sambil memberikan uang kepada pedagang.

Menerima uang dari Ma'ruf Amin, Popi pun mengucapkan terima kasih.

"Bapak semuanya, saya ucapkan terima kasih, uangnya saya terima dari Bapak Wakil Presiden," tuturnya.

Ma'ruf Amin kunjungi pedagang di Papua BaratMa'ruf Amin mengunjungi pedagang di Papua Barat. (Foto: dok. Setwapres)

Simak arahan Ma'ruf soal penanggulangan kemiskinan ekstrem pada halaman berikutnya.