NasDem Minta Polisi Refleks Banting Mahasiswa Dipidana!

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 12:40 WIB
Taufik Basari
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Taufik Basari mengkritik keras aksi oknum polisi yang membanting mahasiswa saat demo di Kabupaten Tangerang. Taufik Basari meminta oknum tersebut tidak hanya disanksi disiplin, tapi juga dijatuhi pidana.

"Polri harus tindak tegas kekerasan yang dilakukan anggotanya ketika menangani aksi demo mahasiswa di Tangerang. Tidak hanya sanksi disiplin saja, tetapi perlu juga diproses pidana," kata Taufik Basari, saat dihubungi, Kamis (14/10/2021).

Ketua DPP NasDem ini meminta Polri tidak menganggap wajar aksi represif terhadap pendemo tersebut. Dia meminta sanksi tegas harus diberikan agar menjadi pelajaran bagi anggota kepolisian lainnya.

"Agar terdapat pelajaran bagi anggota Kepolisian lainnya untuk selalu menjalankan tugas secara profesional. Peristiwa seperti ini tidak boleh dianggap sebagai tindakan yang wajar karena jika dibiarkan maka akan dapat menjadi preseden buruk," ucapnya.

Kemudian Taufik menyebut penindakan terhadap aparat Polri yang melakukan kekerasan juga salah satu bagian dari transformasi Polri menjadi humanis. Dia juga mengingatkan kembali Polri presisi yang disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Penindakan terhadap anggota Polri yang melakukan kekerasan merupakan bagian dari transformasi Polri untuk menjadi Polri yang humanis sebagaimana dalam program Presisi yang dicanangkan Kapolri," ujarnya.

Simak selengkapnya pengakuan polisi hanya refleks di halaman berikutnya.