Saran Pimpinan DPR untuk Polisi yang Berdalih Refleks Banting Mahasiswa

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 11:58 WIB
Wakil Ketua DPR/Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad
Dasco (dok. istimewa)
Jakarta -

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyoroti tindakan aparat kepolisian yang membanting mahasiswa saat penanganan unjuk rasa di Kabupaten Tangerang. Dasco meminta Polri menyegarkan protap pengamanan demo kepada jajaran.

"Jadi kalau aparat yang bersikap humanis itu tidak hanya di Tangerang ya. Itu kita imbau dan kita harapkan agar aparat yang di seluruh Indonesia juga bersifat humanis," kata Dasco saat dihubungi, Kamis (14/10/2021).

Dasco mengapresiasi pihak kepolisian mulai dari Kapolda hingga oknum polisi yang langsung meminta maaf kepada korban usai insiden itu. Meski demikian, dia meminta agar persoalan ini tetap ditangani oleh Propam.

"Ya kan kita tadi sudah sampaikan yang pertama dilakukan itu adalah minta maaf sudah betul. Tapi kan perkara ini juga sudah ditangani oleh propam. Sehingga kita serahkan soal penegakan hukum, sanksi, dan lain-lain oleh propam," ucapnya.

Lebih lanjut, Dasco juga menyoroti pengakuan refleks dari oknum polisi yang membanting mahasiswa. Dia meminta Polri menyegarkan kembali soal protap pengamanan demo kepada jajarannya agar tidak terjadi lagi tindakan seperti itu.

"Iya kan kalau kejadian yang beberapa kali itu kan tidak di satu tempat, ini kan memang di Tangerang. Lalu di berapa daerah lain yang katanya refleks. Sehingga ke depan kita minta kepada jajaran kepolisian untuk kembali menyegarkan kepada aparat protap soal penanganan demo sehingga kita harapkan tidak terjadi lagi hal-hal seperti ini," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.