detikcom Do Your Magic

Usai Ada Tanggul Sementara, Kali Baru Kawasan Hek Jaktim Belum Meluap

Faiz Iqbal Maulid - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 11:56 WIB
Jl Raya Bogor, Kawasan Hek Kramat Jati tidak tergenang, Kamis (14/10).
Foto: Faiz Iqbal Maulid/detikcom
Jakarta -

Tanggul sementara dibangun agar tidak ada luapan air dari Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, ke jalan raya. Usai tanggul itu dibuat, tidak ada lagi genangan di jalan maupun rumah warga.

Pemilik Muara Jaya Advertising, Romy (45), mengungkapkan, dalam sepekan terakhir, air di Kali Baru tidak menggenangi tokonya lagi. Diketahui, pembangunan tanggul sementara dibuat pada 4 Oktober 2021.

Tanggul yang rusak di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati Jakarta Timur diperbaiki sementara.Tanggul yang rusak di Kali Baru, Kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, diperbaiki sementara. (Athika Rahma/detikcom)

"Nggak ada kok, terakhir ya itu waktu penayangan orang media datang 6 Oktober lalu kalau nggak salah. Habis itu udah nggak pernah lagi," ujar Kamis (14/10/2021).

Meskipun begitu, ia mengatakan perbaikan sementara dengan menimbun jebolan menggunakan pasir yang dilakukan pemerintah dinilai efektif. Namun, menurutnya, penanganan itu tak akan bertahan lama.


"Efektif sih tapi untuk sementara aja. Semoga aja nanti bisa diperbaiki total ya," tambahnya.


Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (14/10/2021), air dari kali tidak meluap ke jalanan. Tanggul sementara yang terbuat dari tumpukan karung pasir dan kayu mampu menahan air kali.

Kondisi Jl Raya Bogor juga terpantau normal. Dalam sepekan terakhir, tak ada lagi banjir yang menggenangi jalan tersebut.

(aik/aik)