Sempat Dievakuasi, Anak Korban Konflik Pekerja-Perusahaan di Riau Dipulangkan

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 10:29 WIB
Anak korban konflik pekerja dengan perusahaan di Riau yang sempat dievakuasi dipulangkan
Anak korban konflik pekerja dengan perusahaan di Riau yang sempat dievakuasi dipulangkan. (Raja Adil/detikcom)

Sementara itu, lokasi tinggal disepakati tidak jauh dari perusahaan. Fasilitas itu diberikan sampai batas waktu selesainya persoalan hukum di pengadilan.

"Kesepakatannya selama proses hukum, ya kita berharap proses hukum sampai inkrah. Kenapa dikembalikan ke daerah yang tidak jauh dari perusahaan, tak di perusahaan itu saja dikembalikan, karena mereka kan dari perusahaan diusir," kata Norma.

Sebelumnya, Komnas Perlindungan Anak Riau dan prajurit TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru turun mengevakuasi ratusan anak korban konflik eks pekerja dengan perusahaan. Evakuasi dilakukan pada 14 September 2021 setelah terjadi konflik.

Konflik antara mantan pekerja dan pihak ketiga yang disewa perusahaan pecah pada awal September. Konflik itu menyebabkan korban luka-luka dari kedua pihak hingga berujung saling lapor ke polisi.

Melihat konflik tak kunjung selesai, pihak Komnas PA dan TNI AU langsung turun ke lokasi. Seluruh anak-anak dan perempuan yang jadi korban konflik dievakuasi untuk dibawa ke Dinas Sosial Provinsi Riau.


(ras/lir)