Fakta Komcad: Angkatan Pertama hingga Deddy Corbuzier Jadi Duta

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 14 Okt 2021 07:54 WIB
Upacara penetapan pasukan Komcad (Dok. Tim Dokumentasi Menhan Prabowo Subianto).
Foto: Upacara penetapan pasukan Komcad (Dok istimewa)

3. Dikerahkan Saat Darurat Militer

Jokowi menyebut masa aktif Komcad tidak setiap hari. Mengingat Komcad hanya dikerahkan jika negara dalam keadaan darurat militer atau perang. Saat itu terjadi, Komcad akan dimobilisasi presiden dengan persetujuan DPR. Namun, komando dan kendalinya tetap berada di bawah Panglima TNI.

"Artinya, tidak ada anggota Komando Cadangan yang melakukan kegiatan mandiri. Perlu saya tegaskan, komando cadangan tidak boleh digunakan untuk lain kecuali kepentingan pertahanan, komponen cadangan hanya untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara," tuturnya.

4. Deddy Corbuzier Jadi Duta

Terkait ditunjuknya Deddy Corbuzier sebagai duta komcad diumumkan langsung oleh Deddy lewat unggahan foto di akun Instagramnya @mastercorbuzier.

Dari unggahan yang dilihat detikcom pada Rabu (13/10/2021), tampak Deddy dan Prabowo berhadapan. Prabowo tampak mengenakan baju berwarna cokelat, sementara Deddy mengenakan pakaian bermotif loreng. Mereka terlihat berpose hormat.

Deddy Corbuzier resmi menjadi Duta Komcad RI (Instagram @mastercorbuzier)Foto: Deddy Corbuzier resmi menjadi Duta Komcad RI (Instagram @mastercorbuzier)

Deddy hanya menuliskan simbol 'love' dan kata 'ID' pada caption foto itu. Unggahan Deddy ini mendapatkan banyak komentar dari netizen dan publik figur lainnya.

Salah satu yang berkomentar adalah ajudan Prabowo Subianto, Rizky Irmansyah. Ia menuliskan, "Keren om! Duta Komcad, Merdeka!!"

Komentar Rizky lantas dibalas oleh Deddy "Thank u sir".


(isa/haf)