Pria di Makassar Akhirnya Terima Mobil Rp 270 Juta yang Dibeli Pakai Koin

Ibnu Munsir - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 18:55 WIB
Pria di Makassar Asriadin Syamsuddin yang membeli mobil Rp 271 juta pakai uang koin akhirnya menerima mobil barunya dari dealer. (dok. Istimewa)
Pria di Makassar, Asriadin Syamsuddin, yang membeli mobil Rp 271 juta pakai uang koin. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Pria di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Asriadin Syamsuddin, yang membeli mobil Rp 271 juta pakai uang koin akhirnya menerima mobil barunya dari dealer. Perlu beberapa hari bagi dealer untuk menghitung uang koin Asriadin dan menyiapkan unit kendaraan pesanannya.

"Jadi sejak dia membawa uang koin (pada Selasa 28 September) sudah dilakukan perhitungan uang kurang-lebih 4 hari. Unitnya kenapa baru diberikan, karena beliau memesan mobil Rush pilihan warna merah marun hingga harus menunggu lama, jadi karena memang unitnya yang ready tidak ada di show room jadi harus menunggu datang," kata Manager Showroom Dealer Toyota Kalla Makassar Cabang Cokroaminoto, Arif Yanto Arsyad, saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (13/10/2021).

Serah-terima mobil yang dipesan Asriadin dilakukan di dealer pada Rabu (13/10). Menurut Arif, pihaknya tidak perlu waktu lama untuk menghitung uang koin Asriadin karena pihaknya mengelompokkan uang koin tersebut per pecahan Rp 500 menjadi Rp 5.000, sementara koin Rp 100 ini disusun menjadi Rp 10.000.

"Menyusun uang koin yang agak lama memang, kenapa karena kita mau setorkan ke bank. Jadi setelah 3 hari menyusun uang, langsung kita setorkan di bank (setelah dikelompokkan)" terangnya.

Uang koin yang dihitung dealer sesuai dengan jumlah yang disebutkan Asriadin saat menyerahkan uang koin itu.

"Menyetor ke bank hari itu juga tidak cukup berapa jam, jadi cepat kalau setor ke bank," jelasnya.

"Jadi uang koinnya itu Rp 57 juta (totalnya), Rp 105 juta total uang Rp 2.000. Tapi sebelumnya dia pertama DP itu transfer langsung Rp 10 juta. Jadi dua hari sebelum mobilnya dia ambil dia setor transfer lagi Rp 100 jutaan lebih, jadi total sekitar Rp 271 juta (harga mobil)" jelasnya.

Sementara itu, Asriadin disebut senang karena uang koin tabungannya bisa dipakai membeli mobil. Uang koin ditabungnya selama 3 tahun.

"Gembira sekali dia, artinya kalau pembeli mobil puncak kepuasan beli kendaraan. Jadi bersyukur dan ucapkan terima kasih juga tadi, sudah membantu memenuhi impiannya," ucapnya.

(nvl/idh)