PPKM Kabupaten Bogor: Level dan Info Terbarunya

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 18:41 WIB
PPKM Kabupaten Bogor: Level dan Info Terbarunya
PPKM Kabupaten Bogor: Level dan Info (Foto: Infografis detikcom/Denny)
Jakarta -

PPKM Kabupaten Bogor saat ini sedang berada di level 3. Diketahui bahwa masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini berlangsung selama 2 pekan, terhitung dari 5 Oktober sampai 18 Oktober 2021 mendatang.

Aturan mengenai PPKM tersebut diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Tentunya dalam PPKM kali ini ada sejumlah aturan yang kembali disesuaikan.

Berikut informasinya mengenai PPKM Kabupaten Bogor yang telah dirangkum detikcom berikut ini.

PPKM Kabupaten Bogor: Berstatus Level 3

Sama seperti 2 pekan sebelumnya, saat ini sudah tidak ada lagi daerah di Jawa Bali yang berstatus PPKM level 4. Termasuk Kabupaten Bogor.

"Dari berbagai perbaikan tersebut, saya sampaikan tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali. Jadi semua di level 3 dan level 2," ujar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (20/9/2021).

Status level PPKM mengacu pada Inmendagri nomor 47 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3 dan Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Berdasarkan Inmendagri, Kabupaten Bogor termasuk dalam beberapa Kabupaten/Kota di Jawa barat yang saat ini berstatus PPKM level 3.

PPKM Kabupaten Bogor: Penyesuaian Aturan

Bupati Bogor, Ade Yasin menjelaskan bahwa selaras dengan kebijakan pemerintah pusat, Pemerintah Kabupaten Bogor mengeluarkan aturan baru melalui Keputusan Bupati Bogor Nomor 443/432/Kpts/Per-UU/2021 tentang Perpanjangan Kelima Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pra Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif Melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Di Kabupaten Bogor.

Dilansir dari situs resmi Pemkab Bogor, adapun beberapa penyesuaian aturan pada PPKM level 3 perpanjangan kelima di Kabupaten Bogor adalah sebagai berikut:

  1. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi mengikuti ketentuan teknis yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  2. Restoran/rumah makan dan kafe di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 50% (lima puluh persen) dan waktu makan maksimal 60 (enam puluh) menit;
  3. Dibukanya counter makanan dan minuman di bioskop.
  4. Akan dilakukan uji coba protokol kesehatan untuk fasilitas pusat kebugaran/gym dengan ketentuan sebagai berikut:
    - Kapasitas pengunjung maksimal 25 persen
    - Harus mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Kesehatan
    - Wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai.

Dalam pelonggaran aturan di PPKM ini, masyarakat diminta tetap menaati aturan yang diberlakukan agar pandemi virus Corona dapat teratasi. Selain itu, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk terus menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu mengenakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir, serta menjaga jarak.

Demikian informasi soal PPKM Kabupaten Bogor dan sederet aturan terbaru. Tetap patuhi protokol kesehatan ya.

(izt/imk)