Kota Mojokerto Tunggu Aba-aba Apeksi soal Program Pembumian Pancasila

Eqqi Syahputra - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 16:10 WIB
Pemkot Mojokerto
Foto: Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman 'Pembumian Pancasial di Kota-kota seluruh Indonesia. Sebagai salah satu anggota APEKSI, Kota Mojokerto siap menindaklanjuti kerja sama tersebut.

Namun, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan harus ada kesepakatan bersama di dalam Forum APEKSI sebelum ditindaklanjuti secara masif di seluruh daerah anggota APEKSI, salah satunya Kota Mojokerto.

"Kami siap menindaklanjuti, namun karena kegiatan ini diinisiasi oleh asosiasi, tentu kita tidak bisa melangkah sendirian. Harus ada satu upaya konkret yang nanti menjadi kesepakatan dari asosiasi ini yang akan diputuskan di dalam forum yang kemudian nanti bisa ditindaklanjuti secara massif di seluruh anggota" ujar Ning Ita, sapaannya dalam keterangan tertulis, Rabu (13/10/2021).

Usai menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Dialog Interaktif yang diselenggarakan oleh BPIP di Yogyakarta, Selasa (12/10) kemarin, ia berharap ke depannya akan ada langkah yang bersifat implementatif yang diputuskan dalam Forum APEKSI, sesuai dengan kewenangan daerah masing-masing.

"Ini butuh sinergi berbagai pihak, kita tunggu juga dari BPIP nanti bagaimana dengan kewenangannya di pusat ini juga bisa memberikan satu masukan kepada kementerian terkait sehingga daerah-daerah bisa melaksanakan karena sudah ada regulasi dari Kementerian terkait" pungkas Ning Ita.

Sementara itu, ketua APEKSI, Bima Arya, mengungkapkan semua pihak harus membumikan Pancasila, dengan mimpinya bagaimana anak-anak muda bisa memahami Pancasila dengan cara- cara kekinian.

"Rasanya tugas kita sama, sama-sama harus membumikan Pancasila, mimpi kita sama bagaimana anak-anak muda bisa memahami Pancasila dengan cara-cara kekinian, selain cara-cara yang sudah ada harus kita lengkapi" ujar Bima Arya.

"Bagaimana kita bersama-sama nanti mendesain agar bisa membumikan Pancasila ini secara massif" imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala BPIP, Prof. Haryono, mengatakan APEKSI memiliki posisi yang strategis dalam membumikan Pancasila di kota-kota seluruh Indonesia.

"Mudah-mudahan melalui Bapak/Ibu Wali Kota bisa merangkul kampus-kampus di kotanya masing-masing untuk turut serta membumikan pancasila sebagai Ideologi dasar Bangsa" ungkap Haryono.

Selain itu, ia juga ingin penandatanganan nota kesepahaman ini tidak berhenti hanya pada pidato saja, namun bisa segera ditindaklanjuti apa yang bisa disinergikan agar bagaimana membumikan Pancasila secara massif di seluruh Indonesia.

Simak video 'Bima Arya Puji Program Makassar Recover di Apeksi Expo':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)