Kunker ke Blitar, Walkot Mojokerto Harap Ketularan Turun Level PPKM

Eqqi Syahputra - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 20:41 WIB
Pemkot Mojokerto Kunjungan Kerja ke Blitar
Foto: Pemkot Mojokerto
Jakarta -

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan Kunjungan Kerja ke Pemerintah Kota Blitar dalam rangka Studi Komparasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level.

Kunker ini dilakukan karena Kota Blitar menjadi satu-satunya daerah se-Jawa dan Bali yang ditetapkan dalam PPKM level 1, serta kesamaan kondisi geografi dan demografi antara Pemkot Mojokerto dengan Pemkot Blitar, dengan jumlah penduduk yang relatif sedikit.

"Satu yang kami cermati, jumlah penduduk di Kota Mojokerto dan Kota Blitar ini kan sama-sama sedikitnya. Tapi kenapa di Kota Mojokerto Level PPKM-nya belum kunjung turun ke level 1. Jadi nanti terkait hal-hal yang lebih teknis agar kami bisa diberi clue-nya" ujar Ning Ita dalam keterangan tertulis, Jumat (7/10/2021).

Sebagai informasi, meskipun berdasarkan asesmen situasi COVID dari Kemenkes RI, Kota Mojokerto telah masuk dalam level 1, namun menurut Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 47 tahun 2021 tentang PPKM level, Kota Mojokerto hingga saat ini masih masuk ke dalam PPKM level 3,

Ning Ita menambahkan, Pemerintah Kota Mojokerto terus mengupayakan penurunan level PPKM, mengingat Kota Mojokerto merupakan kota jasa yang membutuhkan pembukaan yang normal tanpa adanya pembatasan.

"Semoga dengan berkunjung ke sini ini nanti keberkahan dari Kota Blitar segera menular ke Kota Mojokerto. Kita bawa pulang keberkahannya" tutur Ning Ita.

Lebih lanjut, Ning Ita mengungkapkan Kota Blitar telah berhasil menurunkan level PPKM dari awalnya berada pada level 3, hanya dalam waktu dua minggu mampu turun menjadi level 1.

"Kita pulang dari sini, minggu depan ini semoga langsung bisa level 1. Kepinginnya ketularan keberkahannya" jelas Ning Ita.

Sementara itu, Wali Kota Blitar, Santoso, juga menyambut baik kunjungan tersebut. Ia berharap dengan kemiripan demografi maupun geografi yang dimiliki, Kota Mojokerto bisa mendapat keberkahan yang sama.

"Semoga dengan silaturahmi ini berkahnya kunjungan ke Kota Blitar ini bisa menular ke Kota Mojokerto. Karena dari sisi demografi maupun geografi kita sama - sama kota kecil di wilayah Jawa Timur. Yang kebetulan bung karno semasa kecil juga sama- sama pernah mengenyam pendidikan di Kota Mojokerto" pungkas Santoso.

Turut hadir dalam kunker kali ini yakni Wakil Walikota Mojokerto Achmad Rizal Zakaria, Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Rofiq Ripto Himawan, dan Sekretaris Daerah Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo.

(fhs/ega)