Tak Dijemput, Atlet Dayung Maluku Raih Emas PON Papua Telantar di Bandara

Muslimin Abbas - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 15:27 WIB
Tangkapan layar video viral atlet dayung Maluku di PON XX Papua terlantar di Bandara Pattimura, Ambon. (dok. Istimewa)
Foto: Tangkapan layar video viral atlet dayung Maluku di PON XX Papua telantar di Bandara Pattimura, Ambon. (dok. Istimewa)
Ambon -

Viral di media sosial rombongan atlet dayung Maluku telantar di Bandara Pattimura, Ambon, saat tiba dari berlaga di PON XX Papua. Padahal, para atlet itu sudah meraih medali emas untuk daerahnya.

Rombongan atlet dayung Maluku itu tiba di Bandara Pattimura, Kota Ambon, pada Rabu (13/10/2021). Namun mereka kebingungan saat tiba di bandara, karena tidak ada satu pun dari perwakilan daerah yang menyambut atau bahkan menjemput mereka.

Salah seorang atlet lantas melakukan siaran langsung (live) di akun Facebook miliknya soal kondisi para atlet dayung yang telantar di Bandara Pattimura. Dalam video berdurasi 8 menit 41 detik itu, salah seorang atlet peraih emas, Chelsea Corputty, mengatakan telah tiba di Kota Ambon tapi tidak ada jemputan dan berinisiatif untuk pulang sendiri-sendiri.

"Halo guys kita pulang dari PON kita cari jalan sandiri guys. Ini atlet terlantar guys. Adoooo Maluku ee, huuuu," kata Chelsea Corputty dalam siaran langsung di akun Facebook-nya sembari tertawa.

Dalam video itu, Chelsea juga sempat memanggil nama rekannya yang juga meraih emas, La Memo. Menurut Chelsea, La Memo dan rekan-rekannya yang lain juga harus pulang sendiri-sendiri.

"Memo pulang, ka Osi cari jalan sandiri. Sampe sini katong seng (kita tidak) dapat jemputan," teriak Chelsea sambil tertawa.

Masih dalam keterangan Chelsea, dia mengatakan sempat telantar selama 2 jam di Bandara Pattimura bersama teman-temannya sesama atlet. Mereka bahkan sampai kelaparan karena menunggu jemputan yang ternyata tidak pernah ada.

"Sudah, beta (saya) mau pulang mau makan ikan bakar," kesalnya.

Perlu diketahui, atlet dayung Maluku sukses meraih 3 emas, 2 perak, dan 1 perunggu di PON XX Papua.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku Sendi A. Wattimena membantah pihaknya tidak menjemput atlet dayung Maluku yang pulang dari PON XX Papua. Saat para atlet melalukan live Facebook dan mengaku telantar, bus Dispora Maluku tengah dalam perjalanan menjemput.

"Kalau dibilang tidak jemput tidak juga. Pada saat kita lihat video yang viral itu dan sempat live itu, memang saat mereka datang itu bus penjemputan belum sampai di tempat. Nah dibilang tidak dijemput juga tidak betul memang busnya agak terlambat," ujar Sendi.

Simak juga 'Satgas Ungkap Dugaan Penyebab 83 Orang Positif Covid-19 di PON XX Papua':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/idh)