Begini Modus Petani Sumut Bobol Rp 2 M dari 14 Nasabah Bank BUMN

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 14:26 WIB
Jakarta -

Dua orang berinisial D dan O ditangkap atas dugaan pembobolan rekening 14 nasabah bank BUMN. Kedua pelaku yang merupakan petani di Sumatera Utara ini melakukan aksinya dengan modus mengaku sebagai karyawan bank.

"Modus pengambilalihan beberapa akun nasabah dengan cara melakukan panggilan melalui telepon kepada korban. Tersangka mengaku staf bank," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Pelaku kemudian mulai mengarahkan korban yang telah tertipu. Pelaku lalu mengirimkan tautan yang nantinya diisi korban dengan mencantumkan data diri korban.

"Korban yang terpengaruh mengikuti petunjuk pelaku dengan mengirimkan login atau daftar di bank tersebut. Dalam link tersebut harus diisi data nasabah dan kode OTP (one time password)," ungkap Yusri.

Usai data korban telah dikantongi, pelaku kemudian menguras rekening korban. Uang yang telah dikuras pelaku kemudian dikirim ke rekening penampung yang telah disiapkan pelaku.

"Pelaku transfer ke rekening dirinya sehingga menjadi nol rekening orang (korban)," ujar Yusri.

Para pelaku diketahui telah beraksi sejak Juni 2021. Total kerugian dari 14 rekening nasabah yang telah dibobol mencapai Rp 2 miliar.

Simak imbauan pihak bank di halaman selanjutnya