Tugas Megawati di BRIN: Beri Arahan soal Nuklir hingga Luar Angkasa

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 13:48 WIB
MPR menggelar sidang tahunan hari ini. Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden terpilih Maruf Amin dan menteri kabinet Jokowi hadir.
Megawati melambaikan tangan ke wartawan, foto diambil sebelum pandemi COVID-19. (Lamhot Aritonang/detikcom)

Soal pendidikan, Megawati tidak menyelesaikan kuliahnya di Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Indonesia (UI). Megawati berkembang menjadi seorang otodidak. Putri Proklamator Sukarno ini sudah pernah menceritakan perihal kuliahnya yang terganjal karena kondisi politik.

"Jadi ketika saya tidak dibolehkan kuliah karena keadaan politik, ayah saya hanya mengatakan begini. 'Sudah, cari ilmu pengetahuan di mana saja'. Jadi maksudnya saya otodidak. Dari situ saya senang baca, bertanya, saya senang diskusi dan hal itu yang mungkin membuat akhirnya ada nilai sehingga orang berikan honoris causa kepada saya," papar Megawati, dikutip dari berita detikcom, 6 Januari 2020.

Kini, Megawati menjadi Dewan Pengarah BRIN. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantiknya.

BRIN merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden dalam menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran dan penyelenggaraan keantariksaan yang terintegrasi.

BRIN bertugas membantu presiden dalam menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran dan penyelenggaraan keantariksaan secara nasional yang terintegrasi, serta melakukan monitoring, pengendalian, dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi BRIDA, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Fungsi BRIN terkait pelaksanaan tugas termaktub dalam pasal 4.


(dnu/tor)