Sepakat! Indonesia-Turki Saling Akui Sertifikat Vaksin Corona dan Hasil PCR

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 13:41 WIB
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan kunjungan bilateral ke Turki. Dari kunjungan itu dihasilkan kerja sama di bidang kesehatan seperti pengakuan sertifikat vaksin COVID-19 dan hasil tes PCR kedua negara.

"Kita sepakat mengembangkan kerja sama mutual recognition on vaccine certificates yang tertuang dalam deklarasi bersama kedua negara," kata Retno dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube MoFA Indonesia, Rabu (13/10/2021).

Retno mengatakan kerja sama itu terjalin setelah perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI bertemu dengan Kementerian Kesehatan Turki. Menurutnya, pengakuan bersama kedua negara untuk sertifikat vaksin meliputi semua jenis vaksin yang telah mendapatkan use listing procedure (EUL) dari WHO dan emergency use authorization (EUA) dari instansi berwenang kedua negara.

Tak hanya itu, Indonesia dan Turki menjalin kerja sama jangka pendek demi mendukung obat-obatan terapeutik. Untuk jangka panjang, Indonesia dan Turki sudah membicarakan kerja sama di bidang pengadaan bahan baku obat.

"Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Indonesia (KPI) telah melakukan pembicaraan dengan salah satu perusahaan farmasi terkemuka Turki, yaitu Abdi Ibrahim, dan mereka sepakat menjajaki kerja sama industri farmasi, menjajaki kemungkinan berbagi teknologi, dan memproduksi produk farmasi di fasilitas PT KPI di Indonesia," ucapnya.

"Tentu pemerintah berharap agar kerja sama industri farmasi ini dapat memperkuat pemenuhan pasokan kebutuhan domestik dan dapat mengurangi impor bahan baku obat kita," imbuhnya.

(fas/tor)