Dinkes Ungkap Hasil Penelusuran Viral Bidan Diduga Lecehkan Bumil di Jakbar

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 12:58 WIB
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti.
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Dinas Kesehatan DKI Jakarta telah melakukan pemeriksaan menyeluruh terkait kasus viral bidan yang diduga melecehkan ibu hamil di Puskesmas Jakarta Barat. Apa hasilnya?

"Tim kita sudah lakukan sesuai SOP, mempertanyakan. Jadi gini, di dalam suatu pelayanan kesehatan, ada langkah-langkah penegakan diagnosis, mulai anamnesa atau wawancara, pemeriksaan fisik dan nanti apa keputusannya, pemeriksaan penunjang," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu (13/10/2021).

Widyastuti tidak menjelaskan lebih lanjut apakah dugaan pelecehan verbal terbukti atau tidak. Yang jelas, lanjut dia, sebelum mendiagnosis pasien, petugas kesehatan memberikan sejumlah pertanyaan.

"Dalam anamnesa atau wawancara mendalam tadi dikaitkan dengan standar identitas dan sebagainya. Apabila di dalam pemeriksaan fisik ditemukan suatu kecurigaan terhadap suatu kasus tertentu atau gejala tertentu, tentu diperdalam dalam anamnesa," sebutnya.

Namun Widyastuti menyatakan setiap pertanyaan yang diucapkan petugas kesehatan terhadap pasien sesuai dengan prosedur.

"Pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan yang ditemukan di lapangan. Sesuai dengan anamnesa dan gejala klinis yang sesuai dengan di lapangan," ujarnya.

"Jadi langkah-langkah step sesuai dengan kaidah penegakan diagnosis, anamnesa, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang. Jadi tidak ada sesuatu yang di luar pakem," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan kasus ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan antara oknum bidan dan ibu hamil. Kendati demikian, Pemprov DKI masih melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Sudah diselesaikan secara kekeluargaan," kata Riza, Jumat (8/10/2021).

Kasus dugaan pelecehan oleh sejumlah bidan di salah satu puskesmas di Jakarta Barat mulanya viral di media sosial. Para bidan itu disebut mengejek kondisi keputihan ibu hamil yang tengah kesakitan karena menjelang proses melahirkan itu.

"Dan membuat saya sangat marah adalah ketika saat mereka mengecek pembukaan bumil, lalu dia mengatakan 'keputihannya banyak banget', lalu bidan tersebut ada yang menjawab, 'Ih, JORSE'," demikian potongan pengakuan @stevfanywijaya yang heboh direspons banyak netizen di TikTok, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Disebut juga kondisi sang ibu hamil yang datang tanpa didampingi suami untuk memeriksa kehamilan juga dipermasalahkan. Bahkan para bidan itu disebut menyampaikan sang ibu hamil tidak bisa menggunakan BPJS Kesehatan jika tidak didampingi suami.

Lihat juga Video: Pria Lecehkan Jemaah Wanita Saat Salat di Masjid Wajo

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)