Gubernur Syamsuar Berduka Datuk Seri Al Azhar Wafat: Riau Sangat Kehilangan

Raja Adil Siregar - detikNews
Rabu, 13 Okt 2021 10:55 WIB
Gubernur Riau saat melayat ke rumah duka Datuk Seri Al Azhar (Raja-detikcom)
Gubernur Riau saat melayat ke rumah duka Datuk Seri Al Azhar. (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Gubernur Riau, Syamsuar, dan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar, datang ke rumah duka Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau, Datuk Seri Al Azhar. Syamsuar mengatakan wafatnya Al Azhar merupakan duka bagi warga Riau.

Syamsuar dan Edy Natar tiba di rumah duka di Jalan Sungai Mintan, Tengku Bey, Pekanbaru, Rabu (13/10/2021). Sejumlah kerabat dan tokoh Melayu tampak mendampingi kedatangan Syamsuar.

Dia terlihat sempat berbincang dengan perwakilan keluarga. Syamsuar mendoakan Datuk Seri Al Azhar dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta kesabaran.

"Saya atas nama pribadi dan keluarga dan atas nama Pemerintah Provinsi Riau turut berduka atas berpulangnya Datuk Seri Al Azhar," kata Syamsuar.

Syamsuar mengatakan Datuk Seri Al Azhar memiliki peran penting dalam hutan adat dan masyarakat adat. Dia mengatakan tak banyak budayawan pejuang seperti Datuk Seri Al Azhar.

"Riau sangat kehilangan sosok Datuk Al Azhar, tidak banyak sosok seperti beliau. Beliau adalah seorang budayawan yang peduli dengan masalah adat Riau," ujar Syamsuar.

"Semasa hidup almarhum banyak memberi tunjuk ajar untuk provinsi Riau. Perjuangan untuk kesejahteraan masyarakat Riau telah banyak dilakukannya," sambungnya.

Datuk Seri Al Azhar merupakan budayawan, sastrawan, dan Ketua MKA Lembaga Adat Melayu Riau masa khidmat 2017-2022. Al Azhar wafat pada Selasa (13/10) sekitar pukul 22.04 WIB di RS Awal Bros Pekanbaru.

Datuk Seri Al Azhar akan dimakamkan siang ini di pemakaman Air Dingin. Sebelum dimakamkan, Datuk Seri Al Azhar disalatkan di Masjid Agung An-Nur Pekanbaru.

(ras/haf)