5 Atlet DKI di PON Papua Sembuh dari COVID-19

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 21:29 WIB
Anies Baswedan melepas Kontingen DKI Jakarta ke PON XX Papua
Kontingen DKI Jakarta ke PON XX Papua (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Sebanyak 5 atlet kontingen DKI Jakarta di PON XX Papua dinyatakan negatif COVID-19. Adapun atlet terakhir yang baru sembuh segera dipulangkan ke Ibu Kota.

"Sudah (sembuh semua). Yang terakhir hari ini sudah ke luar rumah sakit. Besok siang dia pulang," kata Kabid Kesehatan Kontingen DKI dr Junaidi saat dihubungi, Selasa (12/10/2021).

Atlet kontingen DKI yang terpapar COVID-19 berasal dari sejumlah cabang olahraga (cabor), yaitu sepatu roda, softball, basket, dan judo. Selama dinyatakan positif COVID-19, mayoritas atlet berstatus sebagai OTG.

"Kebanyakan OTG, hanya satu orang yang gejala ringan sudah tes PCR (hasilnya) negatif," sebutnya.

Terkait penyediaan lokasi isolasi terpadu (isoter), Junaidi menuturkan hal tersebut masih dibahas bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Untuk saat ini, Junaidi meminta agar Dinkes DKI dapat menggencarkan pemeriksaan tes COVID-19 dan penelusuran kontak terhadap 400 atlet yang sudah tiba di Jakarta.

"Kesimpulan ya lebih baik memang kita fokus pada atlet DKI yang sudah pulang ada sekitar ada 400-500 orang sampai hari ini daripada mengurus yang 500 orang yang mau pulang, karena Lima ratus orang ini tetap dengan prokes ketat sekali di sini (di Papua) kita nggak ke mana-mana," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, ada lima atlet DKI yang positif Corona di PON Papua. Kelimanya dinyatakan positif Corona saat hendak pulang ke Jakarta.

"Di Timika ada tiga orang, di Jayapura ada dua. Ada atlet sepatu roda dan softball yang di Jayapura. Yang di Timika itu atlet basket dan judo," kata Junaidi, Selasa (5/10).

Pemprov DKI Jakarta tengah menyiapkan lokasi isolasi terpadu (isoter) bagi atlet kontingen DKI di PON XX Papua. Hal ini untuk menindaklanjuti arahan pemerintah pusat yang mewajibkan pemda siapkan fasilitas isoter bagi para atlet usai klaster PON bermunculan.

"Kontingen PON disiapkan oleh Dinkes bersama Satgas COVID. Nanti tempatnya ada beberapa pilihan, nanti kita umumkan pada waktunya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/10/2021).

Riza juga mengakui saat ini sudah ada beberapa atlet yang ke Ibu Kota. Kendati demikian, sejauh ini belum ada kebijakan karantina bagi para atlet yang kembali dari Papua.

"Kan sudah ada ketentuan, yang diisolasi (hanya) dari luar negeri, kalau dari daerah nggak ada," ujarnya.

Simak video 'Hotel Grand Cempaka Dipilih Jadi Lokasi Karantina Atlet PON Asal DKI':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dwia)