Wakil Ketua MPR Minta Penyelenggaraan PON Dievaluasi Berkala

Yudistira Imandiar - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 17:35 WIB
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat
Foto: MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendesak agar pelaksanaan uji coba kegiatan publik harus dievaluasi secara berkala. Termasuk evaluasi dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Dalam berbagai uji coba kegiatan publik langkah evaluasi harus dilakukan untuk terus menyempurnakan norma atau aturan dalam berkegiatan di masa pandemi," kata Lestari Moerdijat, Selasa (12/10/2021).

Lestari mengulas sejumlah kegiatan publik sudah mulai berjalan, termasuk Pekan Olahraga Nasional (PON). Ia menyatakan ajang PON di Papua tidak hanya menjadi ajang unjuk prestasi para olahragawan di Tanah Air, tapi gelaran tersebut juga bisa dimanfaatkan menjadi ajang uji coba penyelenggaraan kegiatan olahraga berskala besar di masa pandemi.

Lestari menuturkan evaluasi PON harus dilakukan agar bisa mendapat sejumlah masukan agar dapat ditemukan pola baru dalam penyelenggaraan kegiatan olahraga yang melibatkan banyak orang. Ia mengatakan pemerintah dapat mengkaji kelebihan atau kekurangan sistem yang diterapkan, termasuk mekanisme bila terjadi penularan, agar dapat menjadi perbaikan pada penyelenggaraan kegiatan lainnya di masa datang.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu berharap sejumlah kegiatan masyarakat di ruang publik lainnya juga dievaluasi secara periodik agar dari hari ke hari terjadi penyempurnaan dalam pelaksanaannya. Ia menyebut pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi dapat dioptimalkan dalam berbagai kegiatan masyarakat di ruang publik.

Lestari menilai penyempurnaan teknis penyelenggaraan kegiatan dan pengawasan di ruang publik akan sangat membantu proses pengendalian penyebaran virus Corona di Tanah Air.

Selain itu, lanjutnya, kedisiplinan masyarakat dalam menjalani aturan yang diterapkan dan konsistensi para pemangku kepentingan dalam pengawasan pelaksanaannya mesti terus ditingkatkan.

Ia meyakini kombinasi antara sistem yang baik, kepatuhan masyarakat menjalani sejumlah aturan dan konsistensi pengawasan dari para pemangku kepentingan mampu menciptakan mekanisme pengendalian COVID-19 yang baik.

(ega/ega)