Warga di Pekanbaru Kesulitan Dapat BBM, Pertamina Buka Suara

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 11:59 WIB
Suasana SPBU yang kosong di Pekanbaru (Raja-detikcom)
Suasana SPBU yang kosong di Pekanbaru (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Warga di Pekanbaru, Riau, kesulitan mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di SPBU. Pertamina buka suara soal hal ini.

Pantauan detikcom, tampak sejumlah SPBU di Pekanbaru kehabisan stok BBM, Selasa (12/10/2021), khususnya jenis solar. Ada juga SPBU yang kehabisan stok BBM lain, seperti Pertalite, Dexlite, dan Pertamax.

SPBU yang kehabisan stok BBM itu antara lain SPBU di Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru. SPBU di Jalan Arifin Achmad juga sempat kehabisan stok BBM kemarin.

Manager Communication, Relations, & CSR Regional Sumbagut, Taufikurachman, buka suara soal keluhan warga. Dia mengklaim tidak ada kelangkaan BBM di Riau.

"Tidak ada kelangkaan, kami tetap menyalurkan BBM sesuai kebutuhan masyarakat Riau. Produk apa yang kehabisan mungkin masih dalam pengiriman ke SPBU tersebut," katanya.

Taufik mengatakan ada peningkatan konsumsi BBM di Pekanbaru. Dia mengatakan salah satu penyebab peningkatan konsumsi BBM ialah turunnya level PPKM Pekanbaru.

"Kalau peningkat konsumen pasti ada terkait dengan penurunan level PPKM. Di Pekanbaru dan sekitarnya sudah ramai lagi sekarang," kata Taufik.

Dia juga menjelaskan stok solar subsidi di Riau. Dia menegaskan stok solar aman.

"Tidak benar (kuota habis), kuota solar bersubsidi masih ada sampai akhir tahun. Kuota solar bersubsidi tahun 2021 ada 777.860 kiloliter, kuota tersisa 173.228 kiloliter," katanya.

Sebagai informasi, warga di Pekanbaru mengeluhkan kesulitan BBM sejak beberapa hari terakhir. Stok BBM jenis solar sempat beberapa kali kosong dari sejumlah SPBU.

Seorang petugas SPBU Jalan MH Thamrin mengatakan stok BBM yang datang terbatas. Dia mengatakan hanya ada tiga hingga empat kali pengisian dalam 1 bulan.

"Sempat kami kosong selama 2 hari karena sekarang dibagi, sebulan itu hanya 3-4 kali pengisian," katanya.

(ras/haf)