Surat Al Ikhlas, Surat Pendek yang Setara dengan Sepertiga Al Quran

Rahma Indina Harbani - detikNews
Selasa, 12 Okt 2021 07:01 WIB
Bulan suci Ramadhan dimanfaatkan umat Muslim untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya lewat mengaji dan beribadah di Masjid.
Foto: Pradita Utama/Surat Al Ikhlas, Surat Pendek yang Setara dengan Sepertiga Al Quran
Jakarta -

Tiap surat yang diwahyukan Allah SWT kepada rasulNya mengandung keistimewaan di dalamnya. Seperti halnya surat Al Ikhlas dengan 4 ayat yang dikandungnya.

Beberapa hadits Rasulullah SAW menyebut keistimewaan dari surat Al Ikhlas yang setara dengan sepertiga Al Quran. Melansir dari buku Samudera Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas: Tafsir Ibnu Katsir oleh Imam Ibnu Katsir, dari Abu Said diceritakan ada seorang laki-laki mendengar seseorang membaca 'Qul huwallahu ahad' dengan berulang-ulang.

Tatkala pagi hari, orang yang mendengar tadi mendatangi Rasulullah SAW dan menceritakan kejadian tersebut dengan nada seakan-akan merendahkan surat al Ikhlas. Kemudian, Rasulullah SAW pun menjawabnya,

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ إِنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

Artinya: "Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat ini sebanding dengan sepertiga Al Quran," (HR. Bukhari).

Selain itu, hadits lainnya yang menyebutkan hal serupa dinukil dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda,

أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَقْرَأَ فِى لَيْلَةٍ ثُلُثَ الْقُرْآنِ قَالُوا وَكَيْفَ يَقْرَأُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ قَالَ (قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ) يَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

Artinya: "Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al Quran dalam semalam?" Mereka mengatakan, "Bagaimana kami bisa membaca seperti Al Quran?" Lalu Nabi SAW bersabda, "Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al Quran." (HR. Muslim)

Melansir dari tafsir Kemenag, surat Al Ikhlas membicarakan tentang keikhlasan dan keesaan Allah SWT. Adapun bacaan lengkap dari surat yang ke-112 dalam Al Quran ini adalah sebagai berikut.

Bacaan Surat Al Ikhlas, Arab, Latin, dan Terjemahannya

1. قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ

Bacaan latin: Qul huwallahu ahad

Artinya: "Katakanlah (Muhammad), 'Dialah Allah, Yang Maha Esa'"

2. اللَّهُ الصَّمَدُ

Bacaan latin: Allahu somad

Artinya: "Allah tempat meminta segala sesuatu,"

3. لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ

Bacaan latin: Lam yalid wa lam yụlad

Artinya: "Tidak beranak dan tidak pula diperanakkan,"

4. وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Bacaan latin: Wa lam yakul lahụ kufuwan ahad

Artinya: "Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia,"

Selain memiliki keistimewaan sebagai surat yang setara dengan sepertiga Al Quran, surat Al Ikhlas dapat menjadi perantara bagi manusia untuk melancarkan rezekinya, yakni dengan membaca dan mengulang surat ini penuh ketekunan sebanyak 1.000 kali.

Umat muslim juga bisa membaca surat ini setiap kali selesai sholat dengan rutin, baik sholat fardhu maupun sholat sunnah. Sebab, Allah SWT menjanjikan ganjaran berupa jalan menuju surga yang dimudahkan. Surat ini juga ternyata bisa memberi ketenangan bagi anak bila dibacakan sebelum tidur.

Penjelasan lebih lanjut mengenai keutamaan mengajarkan surat Al Ikhlas kepada anak bisa klik Di Sini ya!

Lihat juga Video: Makna Orang Beriman dalam Surat Al-Baqarah 183

[Gambas:Video 20detik]



(rah/erd)