Luhut Sebut Haris Azhar Ngaku Wakili Warga Papua Minta Saham Freeport

Tim detikcom - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 21:16 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan di Mimika Sport Center
Luhut Binsar Pandjaitan (Femi Diah/detikSport)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut aktivis HAM Haris Azhar pernah mendatangi kediamannya untuk meminta saham Freeport. Luhut mengatakan saat itu Haris Azhar mengaku mewakili warga Papua.

"Iya, iya (Haris Azhar meminta saham Freeport). Dia mewakili katanya suku-suku yang di situ. Ya saya dengerin. Kemudian saya suruh mereka ke ahli hukum saya. Saya selalu refer kepada yang ahlinya. Pak Lambog saya suruh periksa itu Pak Lambog," kata Luhut dalam wawancara eksklusif bersama CNN Indonesia TV, Senin (11/10/2021).

Namun Luhut mengaku tak tahu apakah permintaan itu memang dilakukan untuk kepentingan warga Papua atau kepentingan Haris Azhar sendiri.

"Saya nggak tahu, urusan dia itu," ujarnya.

Luhut mengaku sudah lama mengenal Haris Azhar. Haris Azhar, menurut dia, bahkan kerap menyambangi kediamannya ataupun kantornya untuk meminta bantuan.

"Haris itu saya kenal baik. Dia datang ke rumah saya, datang kantor saya berkali-kali, minta bantuan, minta macam-macam itu, minta tolong minta dia apa ngurusin saham atau apa, ya saya fasilitasi sampai bisa yang bisa, yang tidak bisa mana," paparnya.

Luhut juga menjelaskan alasannya mempolisikan Haris Azhar. Dia mengatakan hal itu agar masyarakat tidak asal bicara.

"Kalau sekarang minta maaf itu di pengadilan saja, biar kita belajar, semua belajar bahwa kamu jangan asal ngomong. Kamu harus bertanggung jawab terhadap omonganmu. Jangan kau berlindung hak asasi manusia. Emang lu saja yang punya hak asasi manusia, saya juga punya hak asasi manusia, dong," tutur Luhut.

Lihat juga video 'Haris Azhar Dituding Minta Saham Freeport, Kuasa Hukum: Tidak Mendasar!':

[Gambas:Video 20detik]



Haris Azhar sebelumnya membantah meminta saham Freeport ke Luhut. Simak di halaman selanjutnya.