Viani Limardi Mengatasnamakan 'Fraksi Rakyat', Golkar Nilai Cuma Spontanitas

Tim detikcom - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 19:07 WIB
Viani Limardi (Kadek Melda Luxiana/detikcom).
Viani Limardi (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Viani Limardi masih menjabat anggota DPRD DKI Jakarta dengan mengatasnamakan 'Fraksi Rakyat DKI'. Golkar menilai ucapan Viani itu sah-sah saja dan bentuk spontanitas.

"Itu kan spontanitas aja," ujar Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Judistira, kepada wartawan, Senin (11/10/2021).

Judistira mengatakan fraksinya tidak bisa ikut campur persoalan antara Viani Limardi dan PSI. Dia hanya berharap yang terbaik untuk Viani Limardi.

"Kan ada permasalahan yang bersangkutan dengan fraksinya sehingga ada ucapan itu, tapi intinya biarlah Ibu Viani dengan PSI yang berproses, kita tidak bisa mencampuri, intinya yang terbaik untuk beliau, saya pikir itu hanya spontanitas," ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra, Syarif, menilai hak Viani Limardi mengaku dari Fraksi Rakyat dalam rapat anggota dewan. Dia menilai banyak makna lewat pernyataan Viani itu.

"Itu kan ucapan yang menurut saya bisa makna banyak, mengandung banyak arti, dia ingin menegasikan saya sedang diberhentikan karena itu saya perwakilan rakyat tanpa pemilu, kan bisa. Kedua, dia fraksi rakyat ingin menunjukkan ada yang nggak beres di partai saya," katanya.

Sebelumnya, Viani Limardi tetap ikut rapat di DPRD DKI Jakarta meski telah dipecat PSI. Viani mengatakan dirinya dari fraksi rakyat DKI.

Rapat yang dihadiri Viani adalah rapat Komisi D DPRD DKI Jakarta bersama Dinas Sumber Daya Air (SDA). Rapat yang membahas penanggulangan banjir itu digelar di gedung DPRD Jakarta, Selasa (5/10/2021).

"Terima kasih, Pimpinan, selamat sore, Bapak-Ibu, saya Viani Limardi dari fraksi rakyat DKI Jakarta," kata Viani.

Hadirin pun tertawa atas perkenalan Viani itu. Viani Itu kemudian menyampaikan keluh kesah terkait penanganan banjir di Jakarta.

"Jadi tolong, Pak Yusmada (Kepala Dinas SDA), diperhatikan setidaknya yang di perumahan saya tolong di-apa, turap gitu ya, kemarin saya sudah hubungi Kasudin Jakarta Selatan juga kata teman-teman ini ada di dinas. Tolong diperhatikan dua tempat ini setidaknya diturap dulu di tempat saya itu," ujarnya.

Terbaru, Viani kini sudah pindah ke Komisi A. Viani juga mengatakan PSI sampai hari ini belum mengajukan surat pemecatan dirinya dari anggota DPRD DKI.

"Sampai hari ini juga per hari ini juga PSI ternyata belum mengirimkan surat pemecatan saya atau pengajuan PAW saya ke DPRD. Ini yang saya aneh sudah sampai 3 minggu, apa mereka nggak kepengen saya dipecat apa gimana? Masih sayang kali sama saya," katanya.

(idn/tor)