Polisi Segera Gelar Perkara Kasus CPNS Bodong Anak Nia Daniaty

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 15:31 WIB
Anak Nia Daniaty, Olivia Nathania,
Olivia Nathania (kanan) (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Kasus dugaan tes CPNS fiktif dengan terlapor anak Nia Daniaty, Olivia Nathania, dan suaminya, Rafly N Tilaar atau Raf, tengah diselidiki polisi. Penyelidik bakal melakukan gelar perkara.

"Kami akan rencanakan gelar perkara untuk bisa menentukan apakah bisa naik ke tingkat penyidikan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (11/10/2021).

Gelar perkara itu bakal menentukan ada-tidaknya unsur pidana yang dilanggar dari laporan kasus dugaan CPNS fiktif dengan terlapor Olivia Nathania dan suaminya. Gelar perkara bakal dilakukan usai pemeriksaan terhadap Olivia dan Raf.

"Hari ini sudah datang yang bersangkutan untuk diambil keterangan mudah-mudahan selesai. Apa rencana tindak lanjut setelah ini? Setelah pemeriksaan ini penyidik akan melaksanakan gelar perkara," jelas Yusri.

Anak Nia Daniaty, Olivia Nathania, sebelumnya memenuhi panggilan sebagai terlapor di kasus dugaan tes CPNS. Dia mengaku membawa sejumlah bukti untuk disampaikan dalam pemeriksaan hari ini.

"Bukti-bukti transfer yang sudah dikirim kepada Ibu Agustin," kata pengacara Olivia Nathania, Susanti Agustina, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (11/10).

Agustin sendiri merupakan mantan guru Olivia di bangku SMA. Dia mengaku turut menjadi korban dari kasus tes CPNS fiktif yang digagas oleh Olivia dan suaminya.

Namun, Susanti membantah Agustin sebagai korban. Dia menyebut telah mengantongi bukti Agustin turut berperan dalam merekrut masyarakat di tes CPNS tersebut.

"Karena Ibu Agustin bukan korban, tapi sama perekrutan juga kepada yang lain-lain," terang Susanti.

Olivia Nathania sendiri tiba di Polda Metro Jaya sekitar pukul 11.55 WIB. Dia mengaku siap menghadapi pemeriksaan hari ini.

Awal Mula Kasus Mencuat

Kasus ini pertama kali mencuat setelah Polda Metro Jaya menerima laporan dari Agustina dan Karnu. Mereka melaporkan Olivia Nathania atas dugaan penipuan CPNS.

"Total korban ada 225 orang. Orang tua Olly mantan penyanyi lawas dan pernah bersuamikan pengacara, inisial ND, dan untuk ibunya lagunya populer (berjudul) 'Gelas Kaca'," kata pengacara Agustina dan Karnu, Odie Hodianto, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/9).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya