Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi, Simak Penjelasannya

Arinta Putri Anggraini - detikNews
Senin, 11 Okt 2021 14:05 WIB
Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi, Simak Penjelasannya
Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi, Simak Penjelasannya -- ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Apakah PPKM Jawa Bali diperpanjang lagi perlu diketahui masyarakat. Sebab, seperti yang sudah diketahui bahwa wilayah Jawa Bali kini masih ada dalam masa perpanjangan PPKM hingga 18 Oktober 2021 mendatang.

Lantas, apakah PPKM Jawa Bali akan diperpanjang lagi? Bagaimana kondisi level PPKM di wilayah Jawa Bali? Apa saja aturan kegiatan masyarakat yang diberlakukan? Untuk mengetahui selengkapnya, simak penjelasannya berikut ini.

Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi: Ini Jawabannya

PPKM wilayah Jawa Bali kini masih diperpanjang hingga 18 Oktober 2021 mendatang. Hal ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 tahun 2021.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga menjelaskan soal kapan PPKM akan selesai. Pihaknya juga menjelaskan evaluasi akan terus dilakukan setiap satu minggu sekali.

"Pemerintah hari ini sekali lagi mempertegas pertanyaan banyak orang kapan PPKM Level Jawa Bali ini akan terus diberlakukan. Pemerintah menegaskan akan terus memberlakukan PPKM Level ini di seluruh wilayah Jawa Bali dan melakukan evaluasinya tiap satu minggu guna menekan angka kasus konfirmasi dan tidak mengulang kejadian yang sama di kemudian hari," kata Luhut.

Sementara itu, masih dalam Inmendagri yang sama, wilayah Jawa Bali kini tidak ada lagi yang menerapkan PPKM level 4. Artinya, semua wilayah di Jawa Bali kini hanya ada di level 3, 2 dan 1.

Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi: Boleh Beli Makan di Bioskop

Aturan terbaru lainnya terkait perpanjangan PPKM Jawa Bali yaitu dibolehkannya memesan di counter makanan dan minuman di bioskop. Artinya, masyarakat bisa memesan makanan dan membawanya ke dalam bioskop.

Sejalan dengan perpanjangan PPKM Jawa Bali, pemerintah bakal melakukan evaluasi selama satu pekan ke depan. Jika masyarakat tertib dan kasus COVID-19 terus melandai, pemerintah bakal mengembangkan aturan tersebut.

"Konter makanan dan minuman dalam bioskop boleh namun kapasitas bioskop tetap 50 persen nanti kita liat seminggu ke depan. Kalau ada perbaikan lagi kita akan kembangkan lagi ke depan," kata Luhut.

Apakah PPKM Jawa Bali Diperpanjang Lagi: Gym Mulai Dibuka

Aturan terbaru mengenai perpanjangan PPKM Jawa Bali ykni Aktivitas dibukanya pusat kebugaran atau gym. Dalam perpanjangan PPKM periode ini, kapasitas di tempat gym maksimal 25%. Pengunjung juga harus menerapkan protokol kesehatan, juga melakukan screening melalui aplikasi PeduliLindungi.

Namun, perlu diketahui bahwa pembukaan fitness hanya berlaku di wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Solo Raya, Semarang Raya, Yogyakarta, dan Surabaya Raya.

"Untuk itu, dalam penerapan PPKM yang akan diberlakukan selama 2 minggu ke depan, pemerintah melakukan penyesuaian pembukaan pusat kebugaran fitness center dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan prokes ketat, screening PeduliLindungi," ungkap Menko Marves Luhut Pandjaitan.

Simak juga video 'Airlangga: Sebetulnya PPKM di Yogyakarta Sudah Level 2, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]