SBY Unggah Lukisan Terbaru: 'I Understand More the Meaning of Life'

Audrey Santoso - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 11:46 WIB
SBY melukis karyanya yang diberi judul I Understand More the Meaning of Life
SBY melukis karyanya yang diberi judul 'I Understand More the Meaning of Life' (Instagram Ani Yudhoyono)
Jakarta -

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunggah potret dirinya sedang melukis diri sendiri. Foto itu diunggahnya di akun almarhum istri, Ani Yudhoyono.

"Hari ini, di weekend yang tenang, saya mengekspresikan diri saya (dalam lukisan) ketika tengah melakukan kontemplasi, tafakur. Lukisan ini saya beri nama "I Understand More the Meaning of Life," tulis SBY dalam kolom keterangan foto, seperti dilihat detikcom, Sabtu (9/10/2021).

SBY melukiskan potret dirinya sedang berdiri di hamparan lahan hijau. Di seberang pandangannya terdapat sebuah bukit yang dipayungi langit cerah.

SBY mengaku terbiasa merenung dan memetik hikmah dari suatu kejadian, baik suka maupun duka. Di akhir keterangan foto, SBY berharap lukisannya berkenan.

"Dalam perjalanan hidup saya, saya kerap dan terbiasa melakukan kontemplasi. Memetik hikmah dan belajar dari apa yang telah terjadi. Suka-duka, anugerah-musibah, sukses-gagal. Semoga teman-teman berkenan," kata SBY.

Unggahan foto SBY ini disukai 17.508 pengguna Instagram hingga pukul 11.15 WIB. Netizen pun menanggalkan komentar dukungan dan doa untuk SBY agar tetap semangat serta sehat.

SBY melukis karyanya yang diberi judul 'I Understand More the Meaning of Life'SBY melukis karyanya yang diberi judul 'I Understand More the Meaning of Life' (Instagram Ani Yudhoyono)

Lukisan ini bukan karya pertama SBY. Pada awal Agustus lalu, lukisan berjudul Debur Ombak di Pantai Pacitan karya SBY diunggah politikus Partai Demokrat, Jansen Sitindaon.

"Fresh dari studio beliau. Lukisan terbaru Pak SBY pagi ini. Saya tanya Uda Ossy apa judulnya 'Debur Ombak Di Pantai Pacitan'. Acrylic, 60X90 cm. Sebenarnya ini masih 'trial' memakai kanvas dan kuas jenis baru (Winsor & Newton type Professional Galeria)," ucap Jansen saat itu.

Pada saat Hari Kemerdekaan ke-76, 17 Agustus lalu, SBY mengikuti upacara secara virtual dengan 'didampingi' lukisan bendera Merah Putih karyanya.

Pekan kemarin pun SBY kembali memamerkan karya lukisnya. Giliran panorama hutan di kawasan Situ Lembang yang dilukisnya.

Lukisan itu diunggah di akun Instagram resmi @aniyudhoyono, Jumat (1/10). Dalam foto terlihat SBY dengan mengenakan kaos hitam dan celana biru tengah memegang kuas. Dia tampak berdiri di antara lukisan-lukisan yang dibuatnya, salah satunya lukisan pemandangan hutan di kawasan Situ Lembang.

"Pemandangan hutan ini, meskipun tidak terlalu lebat, saya lukis untuk mengingatkan saya ketika berlatih di Situ Lembang," tulis SBY.

Simak video 'SBY Hobi Melukis untuk Hilangkan Kesedihan atas Kepergian Ani Yudhoyono':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/idh)