SBY Lukis Kawasan Situ Lembang: Tempat Saya Digembleng Saat Jadi Prajurit

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 01 Okt 2021 10:21 WIB
SBY Melukis Suasana Situ Lembang (Instagram @aniyudhoyono)
Foto: SBY Melukis Suasana Situ Lembang (Instagram @aniyudhoyono)
Jakarta -

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali memamerkan kepiawaiannya dalam hal melukis. Kali ini SBY melukis hutan di kawasan Situ Lembang.

Lukisan itu diunggah di akun Instagram resmi @aniyudhoyono, Jumat (1/10/2021). Dalam foto terlihat SBY dengan mengenakan kaos hitam dan celana biru tengah memegang kuas. Dia tampak berdiri di antara lukisan-lukisan yang dibuatnya, salah satunya lukisan pemandangan hutan di kawasan Situ Lembang.

"Pemandangan hutan ini, meskipun tidak terlalu lebat, saya lukis untuk mengingatkan saya ketika berlatih di Situ Lembang," tulis SBY.

SBY mengaku lukisan pemandangan tersebut mengingatkannya saat dilatih sebagai prajurit. Dia menilai Situ Lembang indah untuk bertamasya tapi menantang bagi prajurit yang dilatih taktik dan teknik perang hutan.

"Kawasan Situ Lembang indah kalau kita bertamasya ke sana. Namun, medan Situ Lembang juga menantang saat sebagai prajurit dulu saya digembleng dalam latihan taktik dan teknik perang hutan," kata SBY.

Tidah hanya berlatih di sana, SBY juga menyebut dirinya pernah melatih dan memberikan instruksi di sana. Hal ini dilakukan saat melatih calon pelatih Infanteri terkait perang hutan.

"Di hutan itu, saya juga pernah melatih dan memberi instruksi kepada para calon pelatih Infanteri dengan materi yang sama (Jungle Warfare)," ujarnya.

Dia juga mengatakan pernah kembali berkunjung ke Situ Lembang bersama almarhumah Ani Yudhoyono saat dirinya tak lagi aktif di militer. Menurutnya, meski situasi tak lagi sama namun Situ Lembang tetap membawa ketenangan dan keindahan.

"Belakangan, ketika saya tidak lagi aktif di dunia militer, bersama istri (Almarhumah) saya kembali lagi ke Situ Lembang. Meskipun tidak sedingin dan 'seangker' dulu, tetap saja tempat itu membawa ketenangan dan keindahan," tulis SBY.

Simak juga video 'Cerita PD soal Hobi Melukis SBY Kala PPKM Level 4':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dhn)