Menteri ATR/BPN Sebut Banyak Mafia Tanah Internal, Polri Akan Koordinasi

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 11:22 WIB
Irjen Pol Argo Yuwono
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono (Foto: dok. Polri)
Jakarta -

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengakui mafia tanah telah menjalar ke jajarannya. Bareskrim Polri akan melakukan koordinasi dengan Kementerian ATR/BPN untuk memberantas mafia tanah yang ada di kalangan internal kementerian itu sendiri.

"Nanti dikoordinasikan kalau mengenai internal mereka," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dihubungi, Sabtu (9/10/2021).

Argo menjelaskan pada dasarnya sudah ada Satgas Mafia Tanah yang memberantas kasus-kasus sengketa tanah. Dalam hal ini, Polri bekerja sama dengan ATR/BPN untuk memberantas mafia tanah.

"Kan sudah ada Satgas Mafia Tanah antara Polri dan BPN," imbuhnya.

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil membenarkan pihaknya bekerja sama dengan Polri untuk memberantas mafia tanah yang ada di internal BPN. "Ya, kami bekerja erat dengan Polri," ujar Sofyan saat dimintai konfirmasi, Sabtu (9/10/2021).

Sofyan mengatakan sudah ada Tim Anti Mafia Tanah yang mengurus pemberantasan mafia tanah. Tim itu tersebar di berbagai daerah dan polda.

"Tim Anti Mafia Tanah sudah terbentuk di berbagai daerah atau polda," imbuhnya.

Diketahui, kehadiran mafia tanah belum juga punah. Bahkan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil mengatakan mafia tanah telah menjalar ke jajarannya.

Selanjutnya, keterangan Sofyan Djalil:

Tonton juga liputan Viral tempat menonton sunset asyik di pantai utara Jakarta berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]