Syarat Masuk Hotel Saat PPKM, Baca Dulu Sebelum Staycation Ya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 14:54 WIB
Syarat Masuk Hotel Saat PPKM, Baca Dulu Sebelum Staycation
Syarat Masuk Hotel Saat PPKM, Baca Dulu Sebelum Staycation (Foto: Getty Images/iStockphoto/byakkaya)
Jakarta -

Syarat masuk hotel saat PPKM menjadi informasi penting di tengah perpanjangan PPKM. Informasi ini perlu disimak sebelum staycation dan memesan kamar hotel. Hal ini sejalan dengan kasus COVID-19 yang mewabah di Indonesia, sehingga syarat masuk hotel mengalami perubahan.

Aturan soal syarat masuk hotel saat PPKM sudah dikeluarkan pemerintah melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 47 dan 48 Tahun 2021. Dalam Inmendagri itu, pemerintah menyusun beberapa poin yang menjadi syarat masuk hotel. Sesuai dengan Inmendagri, aturan ini berlaku mulai 5 Oktober-18 Oktober 2021.

Agar staycation kian nyaman, mari simak dulu syarat masuk hotel saat PPKM. Apa saja yang perlu disiapkan? Simak penjelasan berikut.

Syarat Masuk Hotel Saat PPKM: Wajib Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Sesuai dengan aturan Inmendagri 47 dan 48/2021, sebagai syarat masuk hotel saat PPKM, masyarakat harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sebelum memasuki area hotel, pengelola sudah menyediakan QR Code dan wastafel untuk menunjang kebersihan.

Saat men-scan QR Code, tamu hotel bakal mendapatkan empat warna yang terpapar di layar HP. Keempat warna itu yakni hijau, oranye atau kuning, merah dan hitam.

Masing-masing warna mempunyai makna yang berbeda, sehingga hanya masyarakat tertentu yang memenuhi syarat masuk hotel saat PPKM. Untuk mengetahui perbedaan keempat warna, simak penjelasan di bawah ini:

  1. Warna hijau: Artinya masyarakat sudah mendapat dua dosis vaksin. Masyarakat kategori ini diyakini aman, sehingga diperbolehkan masuk ke tempat umum. Dengan begitu, masyarakat yang berkategori warna hijau memenuhi syarat masuk hotel saat PPKM.
  2. Warna Kuning/Oranye: Warna ini mengandung arti masyarakat sudah mendapat vaksin dosis pertama. Meski demikian, masyarakat masih diizinkan masuk ke tempat umum seperti hotel. Nantinya, petugas di hotel akan melakukan pengecekan juga verifikasi lebih lanjut. Sebagai syarat masuk hotel saat PPK, masyarakat kategori kuning atau oranye wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
  3. Warna Merah: Masyarakat kategori ini sama sekali tidak diperbolehkan masuk ke tempat umum seperti hotel. Kategori ini berarti masyarakat terpapar COVID-19 atau kontak erat dengan pasien COVID-19. Sejalan dengan syarat masuk hotel saat PPKM, masyarakat yang berada dalam kategori ini harus melakukan vaksinasi dan isolasi.
  4. Warna Hitam: Saat memindai QR Code dan warna yang muncul adalah hitam, masyarakat terinfeksi virus COVID-19. Kemungkinan lainnya masyarakat melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19. Dengan begitu, masyarakat kategori hitam sama sekali tidak boleh masuk ke tempat umum, hal ini berkaitan dengan aturan syarat masuk hotel saat PPKM.

Syarat Masuk Hotel Saat PPKM: Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Hotel

Punya anak di bawah 12 tahun? Tak perlu khawatir, kali ini pemerintah sudah mengizinkan anak-anak masuk ke dalam hotel. Hanya saja, sebagai syarat masuk hotel saat PPKM, anak di bawah 12 tahun harus melampirkan hasil tes antigen maksimal H-1 atau tes PCR setidaknya H-2 kunjungan.

Selain syarat masuk hotel saat PPKM, anak di bawah 12 tahun juga boleh berkunjung ke mall atau pusat perbelanjaan. Hanya saja, aturan ini berlaku di beberapa daerah, yakni DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bandung, Kota Yogyakarta dan Kota Surabaya.

Sejalan dengan syarat masuk hotel saat PPKM, anak yang masuk mall juga harus didampingi orang tua. Guna menunjang keamanan anak, kedua orang tua harus mendapat dosis vaksin yang lengkap.

Soal syarat masuk hotel saat PPKM juga dapat dicek di halaman selanjutnya.