Disdik DKI Targetkan 10 Ribu Sekolah Lakukan PTM Akhir Oktober

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 12:30 WIB
Kegiatan pembelajaran tatap muka di SDN Malaka Jaya 07 Jaktim
Ilustrasi Sekolah Tatap Muka (Foto: Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya/detikcom)
Jakarta -

Dinas Pendidikan DKI Jakarta kembali menambah jumlah sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Total ada 10 ribu sekolah yang ditargetkan buka pada akhir Oktober mendatang.

"Terakhir 25 Oktober 10.677 sekolah," kata Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah saat dihubungi, Jumat (8/10/2021).

Taga menjelaskan, saat ini sebanyak 3.039 sekolah di Jakarta telah di buka dan menggelar PTM. Nantinya, pembukaan sekolah akan dilakukan secara bertahap.

"3.039 sekolah per 4 Oktober kemarin. Nanti 11 Oktober rencananya (di buka) sampai 6 ribu," jelasnya.

"Jadi secara simultan ketika PTM berlangsung, sekolah yang belum PTM ikut pelatihan atau asesmen," sambungnya.

Taga memastikan ribuan sekolah yang di buka telah melalui tahapan pelatihan atau asesmen yang ketat. Nantinya, penambahan pembukaan sekolah dapat dilakukan setiap minggu.

"Ini karena desakan orang tua, keinginan dari sekolah karena melihat kanan kiri udah pada buka. Kedua kebijakan Disdik dengan timeline kita, ditargetkan setiap minggu ada penambahan," ujarnya.

Taga juga menjelaskan ketentuan terbaru ketika ada temuan kasus positif COVID-19 di lingkungan sekolah. Yaitu, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI melalui puskesmas setempat dapat memberikan rekomendasi pembukaan sekolah pascatemuan kasus positif COVID-19.

"Kalau ada kasus COVID di sekolah maka puskesmas bisa memberikan asesmen kembali apakah sekolah sudah aman beroperasional atau tidak. Kalau kemarin kan tidak, dulu kebijakannya 3x24 jam sudah ditutup kemudian bisa buka lagi tanpa koordinasi dengan Dinkes," jelasnya.

Simak video 'LaporCovid Ungkap Pelanggaran PTM: Sekolah Tak Taat Prokes-Paksaan Izin':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)