Kompolnas: Kasus Penganiayaan Napoleon Harus Lanjut Meski Laporan Dicabut

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 08:40 WIB
Poengky Indarti
Poengky Indarti (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

Pengacara Irjen Napoleon Bonaparte, Ahmad Yani heran kasus yang menjerat klientnya masih berlanjut padahal Muhammad Kece alias Kace, telah mencabut laporan dugaan penganiayaan. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengatakan kasus penganiayaan tetap dapat diproses meski tak ada laporan.

"Perkara pengeroyokan dan penganiayaan itu adalah delik biasa, sehingga ada atau tidak ada laporan, tetap diproses," ujar Komisioner Kompolnas Poengky Indarti, kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).

Perkara ini disebut masuk dalam delik biasa. Sehingga meski laporan dicabut maka proses hukum kasus tetap harus dilanjutkan.

"Meskipun pelapor mencabut laporannya, kasus tetap harus dilanjutkan proses hukumnya," tuturnya.

Pengacara Napoleon juga sebelumnya mengaku heran polisi tak menerapkan restorative justice dalam kasus dugaan penganiayaan. Menanggapi hal ini, Poengky mengatakan kasus tersebut tak memenuhi syarat untuk dilakukan Restorative Justice.

"Kalau pertanyaannya kenapa tidak diupayakan penyelesaian dengan Restorative Justice, mohon dilihat pasal 5 Perpol nomor 8 tahun 2021 bahwa kasus tersebut tidak memenuhi syarat untuk dilakukan Restorative Justice," ujar Poengky.

Disebut hal ini sesuai dengan Peraturan Kepolisian nomor 8 tahun 2021 tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif. Pada pasal 5 persyaratan materil tidak menimbulkan keresahan dan/atau penolakan dari masyarakat; tidak berdampak konflik sosial; tidak berpotensi memecah belah bangsa; tidak bersifat radikalisme dan separatisme; bukan pelaku pengulangan Tindak Pidana berdasarkan Putusan Pengadilan; dan bukan Tindak Pidana terorisme, Tindak Pidana terhadap keamanan negara, Tindak Pidana Korupsi dan Tindak Pidana terhadap nyawa orang.

Simak video 'Polri soal Penganiayaan M Kece: Penjaga-Karutan Bareskrim Langgar Disiplin':

[Gambas:Video 20detik]