detikcom Do Your Magic

Before-After Penanganan Masalah Bakar Sampah di Lahan Pondok Betung

Athika Rahma, Firda Cynthia - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 17:45 WIB
Masalah bakar sampah di lahan dekat permukiman Pondok Betung Tangsel, tuntas. (Repro Tim Infografis detikcom)
Masalah bakar sampah di lahan dekat permukiman Pondok Betung Tangsel, tuntas. (Repro Tim Infografis detikcom)
Tangsel -

Masalah lahan yang menjadi tempat pembuangan sampah liar di tengah permukiman Kelurahan Pondok Betung menjadi masalah. Soalnya, tumpukan sampah itu dibakar dan mencemari udara permukiman sekitar. Kini masalah itu tuntas.

detikcom Do Your Magic memberitakan masalah di permukiman RT 07 RW 01, Gang Sawo, Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, sejak 17 September 2021.

Awalnya, warga mengirimkan informasi via PasangMata detikcom. Dia menunjukkan foto dan video rekaman dari drone, pembakaran sampah terjadi baik saat hari terang maupun saat sudah malam.

Lahan pembuangan dan pembakaran sampah di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel. (Warga via Pasangmata detikcom)Lahan pembuangan dan pembakaran sampah di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel. (Warga via Pasangmata detikcom)

detikcom mengecek ke lapangan. Benar saja, aktivitas pembakaran memang terjadi di lokasi dekat permukiman warga itu. Warga setempat mengeluhkan masalah pencemaran udara di sini dan berharap solusi.

Akhirnya, Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Tangerang Selatan menyediakan pengangkutan sampah dari lahan yang dikelola warga bernama Darkim (60) tersebut. Sampah itu diangkut oleh pemkot supaya tidak dibakar di lokasi, tapi warga yang selama ini bekerja memilah sampah di lokasi tetap tidak kehilangan mata pencarian.

"Residu sudah kita layani, memang seharusnya nggak boleh dibakar, sisa apa pun sampahnya, nggak boleh dibakar," kata Kasi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Tangsel Rastra Yudhatama saat ditemui detikcom, 28 September lalu.

Kasie Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Tangsel, Rastra Yudhatama. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Kasie Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Tangsel, Rastra Yudhatama. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Berikut ini perbandingan before (sebelum) dan after (sesudah) penanganan masalah pencemaran lingkungan akibat pembakaran sampah di lokasi:

Simak juga 'Waduh! Lahan Sampah di Tengah Pemukiman Warga di Tangsel Bikin Resah':

[Gambas:Video 20detik]