detikcom Do Your Magic

Lahan di Pondok Betung Jadi Tempat Buang-Bakar Sampah, Warga Resah

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 14:01 WIB
Lahan pembuangan dan pembakaran sampah di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel. (Warga via Pasangmata detikcom)
Lahan pembuangan dan pembakaran sampah di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangsel. (Warga via Pasangmata detikcom)
Jakarta -

Masalah lingkungan mengemuka dari Pondok Betung. Lahan terbuka dekat permukiman penduduk menjadi tempat pembuangan dan pembakaran sampah. Warga resah.

Berdasarkan laporan warga via Pasangmata detikcom, lahan terbuka dekat permukiman warga itu ada di Gang Sawo, RT 07/RW 11, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan.

"Pembuangan sampah ilegal dan pembakaran sampah yang sudah sangat meresahkan warga sekitar. Terjadi pencemaran udara dan air," kata warga setempat yang mengirimkan informasi ini dan dikonfirmasi kembali oleh detikcom, Jumat (17/9/2021).

Dia memotret dari ketinggian menggunakan drone. Terlihat, lahan terbuka yang menjadi tempat pembuangan dan pembakaran sampah itu berada di dekat rumah-rumah.

Lahan terbuka itu terlihat mengepulkan asap dari tumpukan sampah. Asap inilah yang mengganggu. Tak hanya asap, air juga ikut tercemar.

"Ini adalah lingkungan permukiman, tolong jangan ada pembuangan sampah di sini. Air tanah sudah jelek di sini. Soalnya itu (sampah yang dibuang) sudah luas," kata warga tersebut, meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Dia berharap solusi dari pemerintah. Dia ingin lingkungan permukiman warga di lokasi bisa lebih sehat dan tidak dicemari asap sampah serta limbah yang mencemari air.

(dnu/dnu)