Kenapa Jakarta Mati Lampu Hari Ini di Sejumlah Wilayah? Ini Penjelasannya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 16:18 WIB
Jakarta -

Kenapa Jakarta mati lampu hari ini menjadi pertanyaan warga. Pertanyaan ini muncul karena pagi tadi mati lampu mendadak terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta Barat.

Pihak PLN hingga pemadam kebakaran pun buka suara terkait insiden tersebut. Melansir akun twitter @humasjaklife, kenapa Jakarta mati lampu hari ini disebabkan korslet listrik. Salah satu gardu PLN terbakar, sehingga Jalan Gili Sempeng RT 15/5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, menjadi pusat kebakaran pagi tadi.

Selanjutnya, mari simak penjelasan lain soal kenapa Jakarta mati lampu hari ini. Simak uraian di bawah hingga tuntas.

Kenapa Jakarta Mati Lampu Hari Ini: 3.000 Rumah Terimbas Mati Lampu

Untuk mengawali informasi kenapa Jakarta mati lampu hari ini, mari simak pernyataan dari kepolisian. Kepada wartawan, Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Slamet Riyadi menyebutkan, setidaknya ada 3.000 rumah yang mati lampu imbas dari korslet listrik.

"Data kelurahan yang terdampak mati listrik) kalau beberapa kelurahan, ini kan cuma 60 megavolt ampere, jadi sekitar 3.000 (rumah) kalau di rumah itu menggunakan 1.300 watt ya," ujar Slamet, Kamis (7/10/2021).

Kebakaran gardu yang menyebabkan kenapa Jakarta mati lampu hari ini, rupanya tidak memakan korban jiwa. Hanya saja, gardu yang terbakar termasuk gardu besar, sehingga ada kemungkinan berdampak ke gardu lain.

Hingga saat ini, kepolisian dan PLN tengah melakukan investigasi guna mengetahui penyebab terbakarnya gardu di Kebon Jeruk. Setidaknya, kenapa Jakarta mati lampu hari ini berhasil diatasi dan listrik sudah kembali normal.

"Keterangan dari PLN tadi membutuhkan waktu karena ini trafo ya, cukup besar harus dilakukan investigasi dulu penyebabnya apa," katanya.

Kenapa Jakarta Mati Lampu Hari Ini: Damkar Sempat Hadapi Kendala

Saat memadamkan api, pemadam kebakaran mengaku hadapi sejumlah kendala. Salah satunya yakni petugas sulit memadamkan api karena minyak di lokasi kejadian. Terkait peristiwa kenapa Jakarta mati lampu hari ini, petugas memadamkan api dengan mencampur air dan Wipol.

Setidaknya, petugas juga mengerahkan 14 unit mobill damkar guna memadamkan api. "Karena ini yang terbakar gardu yang berhubungan dengan gardu besar, jadi itu sangat sulit untuk menangani karena ada minyak. Dan memang harus kita padamkan dengan Wipol, jadi tidak cukup dengan air saja," ujar Sukiman kepada wartawan, Kamis (7/10/2021).

Informasi kenapa Jakarta mati lampu hari ini dapat dilihat juga di halaman selanjutnya.