MenPANRB Siap Selesaikan Proses Perekrutan 57 Eks Pegawai KPK ke Polri

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 15:06 WIB
Tjahjo Kumolo.
MenPANRB Tjahjo Kumolo Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom.
Bandung -

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo bicara terkait niat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merekrut eks pegawai KPK menjadi ASN Polri. Tjahjo mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu perkembangan dari Kapolri.

"Kami menunggu Pak Kapolri," ucap Tjahjo saat mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat bersama Wakil Jaksa Agung Setia Untung Arimuladi di Jalan Naripan, Kota Bandung, Kamis (7/10/2021).

Tjahjo menuturkan, tugasnya adalah mengamankan surat jawaban dari Presiden Jokowi ke Kapolri. Surat yang dimaksud adalah surat balasan persetujuan Jokowi atas niat Sigit untuk merekrut Novel Baswedan dkk menjadi ASN Polri.

"Saya sebagai pembantu Presiden mengamankan suratnya, sekarang sedang diproses di Mabes, belum ada jawaban. Silakan tanya ke Kapolri," tutur dia.

"Saya nunggu akhir nanti kalau Kapolri selesai. Kami nunggu apa yang dinegosiasikan untuk teman yang dikeluarkan KPK. baru saya selesaikan prosesnya," kata dia menambahkan.

Sebelumnya, 57 pegawai KPK diberhentikan dengan hormat pada 30 September 2021. Kini 57 mantan pegawai KPK tersebut mendapat tawaran dari Kapolri untuk bergabung sebagai ASN di Polri.

Pada Senin sore (4/10), perwakilan dari eks pegawai KPK sudah melakukan pertemuan dengan pihak Polri. Juru bicara 57 mantan pegawai KPK, Hotman Tambunan mengatakan pertemuan itu masih sebatas membahas niat perekrutan saja.

"Pembicaraan kita hanya nonformal, Kapolri melalui asisten SDM mengutarakan niat Kapolri merekrut pegawai yang 57," kata Hotman kepada detikcom, Selasa (5/10).

Simak juga 'Polri Temui Eks Pegawai KPK, Bahas Regulasi Perekrutan Jadi ASN':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/hri)