BNPB Gandeng Komunitas untuk Kendalikan COVID-19 di Merauke

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Kamis, 07 Okt 2021 10:51 WIB
Pembagian masker gratis di Merauke.
Foto: dok. BNPB
Jakarta -

Sub Satgas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) menyatakan tak sendiri menjalankan upaya pengendalian COVID-19 di tengah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Pihaknya mengajak berbagai komunitas di Merauke Papua untuk bersosialisasi tentang prokes di tengah pandemi.

Wakil Sub Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) Lilis Adi Sulistiyanto berharap ajakan ini dapat sampai ke lapisan paling bawah masyarakat, yaitu keluarga, sehingga pengendalian COVID-19 dapat terwujud.

"Kami berharap apa yang kami sampaikan kepada komunitas dapat diteruskan kepada setiap keluarga di sini," ujar Sulistiyanto yang juga Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Merauke dikutip dari laman BNPB, Kamis (7/10/2021).

Ia menyampaikan BNPB dan Satgas Penanganan COVID-19 yang tergabung dalam Sub Satgas Prokes juga menyumbang masker kepada para komunitas. Melalui masker, Sulistyanto bersama relawan mengajak masyarakat Merauke dapat mengalahkan COVID-19, khususnya di tengah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Dengan menurunnya kasus konfirmasi positif di wilayahnya, Sulistiyanto yakin dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, langkah tersebut dapat menurunkan laju penularan virus SARS-CoV-2. Tentu ini harus dibarengi dengan jangkauan vaksinasi warga Merauke.

Diketahui, selama mendukung penguatan prokes dalam penyelenggaraan PON XX, Sub Satgas Prokes memberikan bantuan masker kepada komunitas gereja, lembaga masyarakat adat, institusi pendidikan dan organisasi perangkat daerah di wilayah Merauke.

(akd/ega)