Cerita Relawan Prokes di Merauke, Sempat Dikira Warga Jualan Masker

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 12:02 WIB
Pembagian masker gratis di Merauke.
Foto: dok. BNPB
Jakarta -

Ratusan Relawan Protokol Kesehatan (Prokes) dikerahkan BNPB untuk memastikan setiap orang yang terlibat dalam penyelenggaraan PON XX Papua maupun masyarakat umum disiplin prokes. Para relawan menggunakan cara humanis dalam mengedukasi masyarakat.

Salerus Kamogau, pemuda asli Merauke yang terlibat sebagai Relawan Prokes mengaku senang dapat berkontribusi dalam upaya pengendalian COVID-19. Salerus bersama relawan lainnya mendatangi warga untuk mengedukasi terkait prokes dan membagikan masker.

Ia mengungkapkan dalam kegiatan edukasi maupun pembagian masker para relawan mengedepankan cara humanis. Edukasi disampaikan baik-baik tanpa ada paksaan.

"Kita selalu ingatkan kepada masyarakat untuk memakai masker. Kalau mereka tidak mau, kita tidak memaksa juga," ujar Sale dikutip dari laman resmi BNPB, Selasa (5/10/2021).

Remaja dari induk organisasi Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) bercerita, pernah ada warga yang mengira ia bersama teman-teman relawan menjual masker. Mengetahui hal itu, ia lantas menjelaskan kepada warga tersebut. Mereka pun akhirnya mengambil masker yang disediakan Sub Satgas Prokes Merauke.

Sale mengaku bersemangat menjadi Relawan Prokes. Sebab, ia menganggap hal ini sebagai tugas kemanusiaan sehingga ia terpanggil untuk ikut menjadi relawan prokes.

"Kalau saya yang bikin senang karena ini tugas kemanusiaan," cetus Sale.

Sebagai informasi, sebanyak 106 orang menjadi Relawan Prokes BNPB selama penyelenggaraan PON XX Papua. Mereka berasal dari berbagai organisasi perangkat daerah dan organisasi non pemerintah, seperti Satpol PP dan Damkar, PMI, Orari, RAPI, Pramuka, Senkom, MDMC, LBPI NU, PMKRI dan Squad PB.

Ketua Sub Satgas Prokes Merauke Agus Riyanto mengapresiasi para relawan yang membantu dalam penguatan disiplin prokes, khususnya dalam penyelenggaraan PON XX Papua.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi atas keterlibatan para relawan dalam upaya penguatan protokol kesehatan. Tugas mereka sangat mulia," ungkap Agus.

(prf/ega)